Basmi DBD dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Print Friendly and PDF

PALANGKA RAYA - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait cara membasmi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, dr Andjar Hari Purnomo M.MKes, penyakit DBD bisa dibasmi dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3M plus.

Cara lain bisa dilakukan dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah dan genangan air. Jika lingkungan bersih, maka tidak menjadi sarang nyamuk.

"Alangkah baiknya jika ada inisiatif dari setiap RT melakukan gotong royong paling tidak sekali setiap Minggu agar wilayahnya terbebas dari sarang nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD," tuturnya, Rabu  (31/10/2018).

Ia juga menyarankan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih tidak perlu menunggu ada korban dulu. Tapi harus dilakukan secara kontinyu dan bisa dilakukan secara mandiri atau gotong royong.

"Fogging bukan solusi yang tepat karena hanya membunuh nyamuk dewasa saat itu saja, sedangkan jentiknya tidak mati. Satu minggu kemudian jentik menjadi dewasa dan menggigit lagi. Begitu seterusnya," tandasnya.[abimanyu]


TAG