7.538 Orang di Sebangau Kuala Jadi Sasaran POMP Kaki Gajah

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pemberian Obat Pencegahan Masal Kaki Gajah (POPM) pada bulan Oktober 2018 setiap tahunnya tengah berlangsung di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Kali ini program Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) kembali digelar oleh Pemkab Pulpis melalui Dinkes kabupaten setempat yang berlangsung di Kecamatan Sebangau Kuala dengan sasaran 7538 orang mulai usia 2 tahun sampai usia 70 tahun.

Demikian disampaikan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr Pande Putu kepada wartawan media ini, Kamis (4/10/2018) via massanger.

Diterangkan dr Pande begitu sapaan akrabnya, pelaksanaan POPM di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau ini sudah memasuki tahun ketiga yang dimulai  sejak 2016 setiap tahunnya pada bulan Oktober dan akan berlangsung sampai tahun 2020 mendatang.

“POPM tahun 2017 lalu, pencapaian untuk Kabupaten Pulpis sebesar 85,23% yang berarti telah program tersebut telah berhasil memenuhi target yang ditetapkan yaitu minimal 85% dari jumlah penduduk sasaran. Untuk tahun 2018 ini kita harapkan capainnya dapat lebih meningkat lagi," ucap dr Pande.

Pencanangan POPM yang berlangsung di Balai Desa Sebangau Mulya itu, terang Pande, dengan harapan menuju Pulang Pisau Bebas Kaki Gajah Tahun 2020. Karena ungkapnya, Pulang Pisau masih dikategorikan sebagai Wilayah endemis penyakit Kaki Gajah. Dari itu tambahnya,  dalam upaya menurunkan endemisitas penyakit kaki gajah menuju diterus digelar program Bulan Eliminasi Kaki Gajah(Belkaga) pada bulan Oktober setiap tahunnya.

"Antisipasi terhadap penyakit kaki gajah ini dengan meminum obat pencegahan massal POPM Kaki Gajah oleh masyarakat sasaran," tukasnya.

Sementara, Camat Sebangau Kuala, Herman Wibowo dalam menyambut program bulan eliminasi kaki gajah ini sangat mengapresiasi kepada pihak penyelenggara maupun masyarakat yang telah berkerjasama dalam upaya pencegahan penyakit kaki gajah.

Ia berharap warganya terbebas dari penyakait kaki Gajah. Untuk itu kami terus mengajak seluruh warganya untuk mensukseskan program Belkaga ini.

"Program ini merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk masyarakat, untuk itu mari kita sukseskan program ini bersama-sama. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati,” tuturnya.

Terpisah, Kepala UPTD Puskesmas sebangau Kuala, Zainuddin, juga tutur menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pendataan target sasaran POMP Kaki Gajah khusus di Wilayah sasaran Puskesmas Sebangau mencapai 7.538 orang.

"Langkah yang tengah dilakukan dalam upaya mencapai target yang sudah ditetapkan, pihak Puskesmas mengerahkan seluruh petugas kesehatan yang dibantu oleh kader kesehatan setempat guna memuluskan program ini,"  kata Zainuddin juga mengabarkan kepada media ini.

Sementara dalam pencanagan tersebut, ditandai dengan meminum obat secara bersama-sama oleh  Camat Sebangau Kuala, Herman Wibowo yang  didampingi pihak terkait lainnya bersama masyarakat desa sasaran POMP Kaki Gajah di Balai Desa Sebangau Mulya.[manan]


TAG