110 Desa Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Internet

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Tekad kuat Permerintah Kabupaten Kapuas dibawah duet kepemimpinan Ben-Nafiah untuk memajukan dan mesenjahterakan masyarakat desa, terus dilakukan.

Sehari sebelumnya (16/10/2018), diselenggarakan Bursa Inovasi Desa, dilanjutkan dengan Sosialisasi Pemanfaatan Jaringan Internet Desa (17/10/2018) lalu diikuti sebanyak 110 desa dari delapan kecamatan wilayah pasang surut.

Ben saat membuka sosialisasi ini menyambut baik dan mengapresiasi atas kehadiran 110 Kepala Desa/Lurah serta mendukung upaya Dinas Kominfo Kapuas menggandeng pengembang jaringan telekomunikasi untuk melakukan sosialisasi ini.

“Saat ini jaringan telepon dan internet telah menjadi kebutuhan sehari-hari dan harus dimanfaatkan secara baik dan benar untuk memudahkan berkomunikasi, mendapatkan informasi maupun berkoordinasi antar sesama kita," paparnya.

Ben mengharapkan melalui sosialisasi ini Bapak/Ibu Kepala Desa dan Lurah segera memusyawarahkan bersama Badan Permusyawaratan Desa dan Pendamping Desa agar tatakelola internet untuk pemberdayaan dan peningkatan taraf hidup masyarakat desa dapat terwujud.

Secara tegas orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini meminta kepada semua peserta sosialisasi untuk benar-benar mempelajari teknologi tersebut, untuk nantinya disampaikan kepada masyarakat terkait internet masuk desa tersebut.

Sebelumnya Plt Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas menyampaikan terima kasihnya kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, karena disela kesibukannya memimpin Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung ini, menyempatkan hadir dan melakukan launching Ruang Layanan PPID Utama dan membuka sosialisasi.

“Kami telah melakukan sosialisai langsung ke empat yakni Kapuas Barat, Basarang, Pulau Petak dan Tamban Catur. Kali ini delapan Kecamatan yakni Selat, Kapuas Hilir, Kapuas Timur, Kapuas Kuala, Bataguh, Kapuas Murung, Dadahup dan Mantangai berjumlah 110 Kades/Lurah. Dalam waktu dekat akan dilakukan pula untuk 5 Kecamatan wilayah non pasang surut,” lapor H Suwarno di hadapan Bupati dan Wabup Kapuas.

Secara rinci mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kapuas ini menyebutkan bahwa dana sosialisasi sepenuhnya ditanggung oleh CV Global Komunikasi Jaringan (GKJ).

Juga menggandeng DPMDes sebagai pemateri sosialisasi tentang mekanisme menghidupkan BumDes, CV GKJ tentang tatakelola internet pedesaan serta Diskominfo sendiri tentang pemberdayaan dan peningkatan taraf hidup melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dengan adanya jaringan internet, masyarakat di Desa semakin berkembang ilmu pengetahun dan ketrampilan serta meningkatkan  penghasilannya dengan memasarkan hasil olahan lokal, tempat wisata maupun transaksi lainnya.

"Demikian pula jaringan internet yang dikelola Badan Usaha Milik Desa akan mampu meningkatkan penghasilannya” pungkas H Suwarno Muriyat.[angga]


TAG