• Latest News

    Jumat, 07 September 2018

    Untuk Keseragaman, KPU Atur Pembuatan APK Pemilu 2019


    PULANG PISAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau menggelar sosialisasi peraturan KPU No 23 tahun 2018 tentang Alat Peraga Kampanye (APK) yang difasilitasi oleh KPU kabupaten menjelang Pemilu 2019. Ini dimaksudkan untuk keseragaman dalam pembuatan desain APK.

    Dalam sosialisasi tersebut, KPU mengatur soal alat peraga bagi peserta pemilu. Salah satu yang diatur KPU adalah terkait desain dan materi APK.

    "Desain dan materi APK sudah diatur KPU. Namun, terkait jumlah untuk masing-masing daerah kemungkinan berbeda, tetapi prinsip desain dan materi telah diatur oleh KPU," ujar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Pulang Pisau, Royan Hanapi, kepada wartawan media ini, Jumat (7/9/2018).

    Selanjutnya, selain desain dan materi yang diatur, kata Royan, untuk ukuran bahan alat peraga kampanye pun juga diatur oleh KPU, seperti baliho dan spanduk.

    "Alat peraga seperti baliho dan spanduk juga telah diatur terkait ukurannya," ujar Royan.

    Diterangkan Royan, untuk ukuran baliho maksimal (paling besar) 4×7 meter sedangkan untuk baliho maksimal 1,5× 7 meter.

    "Untuk APK yang difasilitasi itu, yakni tim kampanye paslon Presiden dan Wakil Presiden tingkat Kabupaten Pulpis, dengan 10 buah x dua paslon dan pengurus partai politik peserta pemilu maksimal 10 buah spanduk x 16 parpol serta perseorangan DPD maksimal 10 buah spanduk dikali jumlah anggota DPD di masing- masing provinsi," terang Royan.

    Ditambahkan Royan, dari desain dan materi baliho dan spanduk tersebut dapat memuat, nama dan nomor peserta pemilu, lambang dan nomor urut peserta pemilu, visi, misi dan program peserta pemilu dan foto pasangan calon, perseorangan DPD, dan foto pengurus partai politik atau tokoh yang melekat pada citra diri peserta pemilu, atau tanda gambar.

    "Dari fasilitas semua itu, seluruh yang terlibat dalam kampanye 2019, maka harus memasang baliho dan spanduk pada lokasi yang sudah ditentukan pihak KPU/KIP kabupaten/kota, dan hasil koordinasi dengan pemerintah setempat," ungkapnya.

    Royan juga kembali mengingatkan, sesuai aturan yang berlaku, untuk larangan pemasangan baliho dan spanduk. Seperti tempat ibadah (termasuk halaman), rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, dan lembaga pendidikan (sekolah).

    "Hadir pada sosialisasi itu perwakilan pengurus masing-masing parpol Kabupaten Pulang Pisau," tukasnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Untuk Keseragaman, KPU Atur Pembuatan APK Pemilu 2019 Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top