• Latest News

    Rabu, 12 September 2018

    Uji Petik, Distran Paparkan Kondisi Kawasan Transmigrasi Kapuas


    KUALA KAPUAS - Kawasan transmigrasi Kabupaten Kapuas seluas 227.068 hektar, berada di empat wilayah kecamatan mencakup 45 Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) dan 19 Desa.

    Di kawasan itu terdapat sarana dan prasarana dan fasilitas infrastruktur, pemukiman, jalan, jembatan dan irigasi, namun sebagian besar saat ini kondisinya dalam keadaan rusak berat.

    Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas, melalui Fakhruransi S.Sos, Sekretaris Dinas, pada acara uji petik penyusunan indikator pembangunan kawasan transmigrasi, di aula hotel Permata Inn, Jalan Tjilik Riwut,  Rabu (12/9/2018).

    "Tingkat kehidupan pada kawasan transmigrasi terbagi dua, 22 UPT di Lamunti dan Palingkau cukup berhasil" papar Fakhruransi.

    Sebanyak 23 UPT lainnya di Dadahup masih memerlukan perjuangan, karena relatif kurang berkembang. Pada kawasan yang kurang berhasil komuditas utama warga adalah padi, namun dalam perkembangannya sering terjadi gagal panen, akibat genangan air, disebabkan kondisi tanggul yang tidak berfungsi selain itu karna kondisi lahan yang relatif rendah.

    "Sambil menunggu realisasi usulan perbaikan tanggul, dilakukan pembuatan kolam pada lahan pekarangan," tutur Fakruransi menyampaikan paparan di hadapan sejumlah pejabat dari Kemendes PDTT dan peserta uji petik dari SOPD dan instansi terkait.

    Fakhruransi mengatakan, saat ini pihaknya merasa bisa lega karena  Kabupaten Kapuas mendapat kesempatan akan dilakukan penilaian perkembangan kawasan transmigrasi melalui curah pendapat dalam forum diskusi terarah, uji petik.

    "Ini merupakan bagian evaluasi perkembangan kawasan transmigrasi oleh Kemendes PDTT dalam rangka menyusun Rencana kerja menengah nasional bidang transmigrasi," jelasnya.

    Lebih lanjut dikatakannya, Kabupaten Kapuas merupakan tiga kabupaten terpilih, mendapat kepercayaan dilakukan evaluasi perkembanan kawasan transmigrasi. [zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Uji Petik, Distran Paparkan Kondisi Kawasan Transmigrasi Kapuas Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top