• Latest News

    Jumat, 14 September 2018

    Tingkatkan Pengetahuan Kehutanan, Dishutprov Gelar Sosialisasi


    KUALA KAPUAS - Jajaran Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng melalui Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kapuas Tengah Unit XI menggelar sosialisasi, promosi dan fasilitasi. Ini dilakukan untuk pemanfaatan dan pengembangan jasa lingkungan.

    Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bukit Bati Kecamatan Mantangai, dan dihadiri oleh SOPD Kabupaten Kapuas, Camat Mantangai, Timpah, dan Kapuas Tengah Kepala Desa dan tokoh masyarakat.

    "Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, silaf mental sekitar hutan terkait pemamfaatan dan pengembangan jasa lingkungan," kata Kepala KPHP Kapuas Tengah Unit XI, Dinas Kehutanan Kalteng, Bambang Ralianto, Kamis (14/9/2018) di Kapuas.

    Menurut Bambang, pengelolaaan jasa lingkungan adalah untuk menwujudkan,  pemanfaatan jasa secara menyeluruh,  terpadu, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, serta untuk kemakmuran rakyat.

    Dikatakannya, fungsi jasa lingkungan hutan bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya meliputi sumber air, sumber karbon dan lainnya, agar  terlindungi dan dijaga kelestariannya. Peningkatan fungsi pemanfaatan yang secara optimal adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

    "Pengelolaan jasa lingkungan hutan berdasarkan asas keseimbangan nilai sosial, ekonomi dan lingkungan kemanfaatan umum, keterpaduan,  keserasian, kelestarian, keadilan,  partisipatif, proporsional, mandiri, transparansi dan akuntabilitas publik," imbuh Bambang.

    Ada tiga dimensi, lanjut Bambang, untuk pengelolaan jasa lingkungan, yaitu dimensi pengelolaan kawasan, dimensi pengelolaan jasa lingkungan dan wisata alam serta dimensi kelembagaan, juga pengelolaan jasa lingkungan dan wisata alam.

    "Untuk memenuhi kualitas tenaga pengelola adalah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi, promosi dan fasilitasi untuk pemamfaatan dan pengembangan jasa lingkungan," pungkasnya.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tingkatkan Pengetahuan Kehutanan, Dishutprov Gelar Sosialisasi Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top