Tingkatkan BUMDes, Pemkab Kapuas Sosialisasikan Pemanfaatan Internet

Print Friendly and PDF


KEBERSAMAAN - Foto bersama dalam kegiatan sosialisasi pemanfaatan jaringan internet dalam pengelolaan informasi di Desa yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Basarang.

KUALA KAPUAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi pemanfaatan jaringan internet untuk penyebaran informasi desa. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Basarang, Senin (10/9/2018) pagi.

Peserta berasal dari 14 desa, baik dari Kepala Desa, Tim Pendamping Desa dan Tim Inovasi Desa. Kegiatan sosialisasi pemanfaatan jaringan internet dalam pengelolaan informasi di desa merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan informasi dan komunikasi serta untuk mengatasi keterbelakangan teknologi  Internet di pedesaan.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat, S.Ag M.Pd, Kepala  Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan DPMDes Kabupaten Kapuas yaitu  Seplehi, dan Pengembang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yaitu Candra Hadijapnika S.Kom.

Camat Basarang Drs. Aswan M.Si dalam sambutannya menyampaikan, potensi di bidang pertanian dan kebudayaan di Kecamatan Basarang ini sangat baik, hal ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas secara khusus di  kecamatan Basarang. 

“Banyak sekali potensi yang ada disini, dan sangat penting potensi-potensi desa untuk di publikasikan, dengan adanya sosialisasi seperti ini, saya berharap seluruh kepala desa dan perangkat desa yang hadir pada hari ini agar dapat berlomba menggali potensi yang sudah ada untuk terus dikembangkan dan mari kita publikasikan bersama  dan bersinergi dengan Dinas Kominfo melalui jaringan internet,” kata Aswan.

Suwarno saat menyampaikan materi menanggapi harapan Camat Basarang mengenai potensi Kecamatan Basarang yang sangat kaya. Ia optimis akan terus meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan Informasi melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu maupun melalui BUMDES.

Dijelaskan lebih lanjut, internet desa  dapat mempercepat publikasi semua informasi mengenai potensi daerah baik dari bidang pertanian, pariwisata, kebudayaan, dan kerajinan.

“Kalau masyarakat kita melek internet, dan mampu mempublikasikan kekayaan potensi daerah kita, saya yakin Kabupaten Kapuas akan sejahtera,” ungkapnya.[angga]


TAG