Tiga Desa di Pulau Petak segera Berjaringan Internet


FOTO BERSAMA - Pada saat sosialisasi di Aula Kantor Kecamatan Pulau Petak.

KUALA KAPUAS - Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas kembali mengadakan sosialisasi pemanfaatan jaringan internet Di Aula Kantor Kecamatan Pulau Petak, Selasa (18/9/2018) pagi.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas Dr. H Suwarno Muriyat, S.Ag ,Kepala  Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan DPMDes Kabupaten Kapuas yaitu  Seplihi, dan Pengembang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yaitu Candra Hadijapnika, S.Kom.

Camat Pulau Petak Ahmad M Saribi, S.SI, MT dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kominfo yang sudah bersedia melaksanakan kegiatan tersebut, dalam kesempatan itu ia menjelaskan potensi Kecamatan Pulau Petak yang sangat beragam mulai dari sentra pertanian, peternakan dan kerajinan. Adapun kerajinan yang sudah berjalan dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat Kapuas, secara khusus untuk masyarakat di kecamatan Pulau Petak adalah kerajinan anyaman Purun.

Selain itu ia juga menjelaskan potensi lainnya yang harus terus didukung dengan menyediakan layanan internet di desa, hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat beli masyarakat melalui jaringan internet yang dapat memperluas pemasaran produk dalam daerah. Ia juga menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2018 akan diresmikan internet untuk tiga desa.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Dr. H Suwarno Muriyat, S.Ag MPd menyampaikan betapa pentingnya jaringan internet untuk meningkatkan nilai tambah daerah. Dalam materi yang disampaikan ia juga membahas mengenai rencana  Diskominfo Kabupaten Kapuas yang telah membuat Blue Print Smart City salah satu kegiatannya adalah membangun Command Center.

"Melalui Command Center siapa saja yang ingin mengetahui tentang Kapuas dapat mengakses informasi atau memberi informasi di tempat tersebut," ungkapnya.

Masih ditempat yang sama Kabid Pemberdayaan Desa dan Kelurahan DPMdes Kabupaten Kapuas Seplihi juga menguraikan tentang pemanfaatan dana Desa untuk pembangunan jaringan internet. Bahkan secara rinci ia menjabarkan pengelolaan jaringan internet yang dapat meningkatkan penghasilan Badan usaha milik desa (Bumdes).[angga]


TAG