• Latest News

    Kamis, 20 September 2018

    Tekan Kerawanan Pileg dan Pilpres, Polda Gelar Operasi Mantap Brata Telabang


    PALANGKA RAYA - Untuk menekan adanya tingkat kerawanan Kamtibmas dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kalimantan Tengah, menggelar Apel bersama Operasi Mantap Brata Telabang 2018, di kawasan Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Kamis (20/9/2018).

    Dalam apel yang dihadiri oleh Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, Danrem 102/Panju Panjung, Kolonel Inf Harnoto, Kepala Kejati Kalteng, Adi Sutanto SH MH, Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Kapolres Palangka Raya, Dandim 1016/Plk, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan instasni terkait tersebut, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko, selaku Inspektur Upacara, mengatakan pentingnya meningkatkan sinergitas antara seluruh instansi terkait untuk menjaga kondusifitas keamanan dalam negeri.

    "Mari secara bersama, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan kemdagri yang kondusif, sekaligus deklarasi damai Parpol peserta pemilu 2019 di Provinsi Kalteng," ucapnya.

    Pesan menyangkut kerawanan yang kompleksitas juga disampaikan oleh Anang, dalam amanat tertulis Kapolri, yang dibacakannya pada saat pelaksanaan apel dalam rangka pengamanan Pemilu serentak 2019.

    "Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan, karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres diadakan secara serentak dengan ambang batas perlemen sebesar empat persen. Dalam kaca mata kamtibmas peningkatan itensitas kegiatan politik tentunya akan menentukan kerawanan dibidang keamanan. Maka dari itu gelaran apel ini, juga bertujuan untuk melakukan pengecekan kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum ditujukan untuk melaksanakan pengamanan, sehingga terciptalah pelaksanaan Pemilu serentak yang aman dan damai," bacakannya.

    Operasi ini sendiri, dijadwalkan akan dilaksanakan selama 397 hari, yakni sampai tanggal 21  Oktober 2019 di seluruh Indonesia, dengan melibatkan 272.886 personel.

    Kegiatan yang dilaksanakan selama setengah hari ini, juga dirangkai dengan deklarasi damai Parpol peserta pemilu 2019, sekaligus penandatanganan baliho deklarasi damai, dan ditutup dengan simulasi pengamanan lokasi kampanye dan tempat pencoblosan dari gangguan berbagai pihak yang mengganggu proses pemilu 2019.[abimanyu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tekan Kerawanan Pileg dan Pilpres, Polda Gelar Operasi Mantap Brata Telabang Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top