Tambah Wawasan, Puluhan Anggota OSIS Ikuti Latdas Kepemimpinan

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Sebanyak 70 anggota OSIS dari SMKN 1 Palangka Raya mengikuti pelatihan dasar (Latdas) kepemimpinan di aula sekolah tersebut, Sabtu (29/9/2018). 

Kegiatan yang digelar mulai 28 hingga 30 September 2018 ini bertujuan menambah jiwa kepemimpinan yang baik, menambah wawasan dan meningkatkan kedisiplinan anggota OSIS.

Kabid Ketahanan Ideologi Bangsa, Fauzi Rahman S.Sos bersama Kepsek Ruanda SPd menjadi salah satu narasumber pada kegiatan ini. Selain melatih kepekaan dan kesadaran politik bagi pelajar, pendidikan politik ini juga mempersiapkan lulusan yang cerdas dalam menggunakan hak-hak konstitusionalnya, juga menjalankan kewajiban.

"Bentuk konkret dari pembelajaran politik bagi siswa adalah pemilihan Ketua OSIS. Karenanya, dalam kegiatan ini dibuat tahapan dari pendaftaran, penetapan calon, penyampaian visi misi, pemilihan dan penetapan calon terpilih hingga pencoblosan," terang Ruanda.

Ditambahkannya, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya, juga dapat menambah wawasan dan keterampilan siswa dalam dasar kepemimpinan. Alhasil, bila lulus, kelak mereka bisa berbaur dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Fauzi juga berpesan bagi siswa yang sudah berumur 17 tahun agar menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti di Pemilu Presiden dan Pileg.

"Hindari dan tolak politik uang, politisasi SARA, dan penyebaran hoax," tutup Fauzi.[abimanyu]


TAG