Sosialisasi Internet Pedesaan, Diskominfo Gandeng Pihak Ketiga

Print Friendly and PDF


SOSIALISASI – Jajaran Dinas Kominfo bersama Camat Tamban Catur H Dusi Sosialisasi Pemanfaatan Jaringan Internet Dalam Pengelolaan Informasi di Desa di Aula Kantor Tamban Catur.

KUALA KAPUAS  - Guna meningkatkan kualitas dan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan informasi dan komunikasi untuk mengtasi keterbelakangan teknologi internet di pedesaan, maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Jaringan Internet Dalam Pengelolaan Informasi di Desa. Sosialisasi ini mengandeng pihak ketiga untuk memfasilitasi kegiatan tersebut, dimana sepenuhnya dana ditanggung oleh CV Global Komunikasi Jaringan (GKJ) Pusat Kuala Kapuas.

“Sudah empat kecamatan dilakukan sosialisasi yakni Kecamatan Kapuas Barat, Basarang, Pulau Petak dan Tamban Catur. Mereka menyambut baik kegiatan tersebut, nanti kecamatan lain menyusul,“ kata Plt Kadis Kominfo Kapuas, Rabu (26/9) di ruang kerjanya.

Dikatakan Suwarno bahwa kegiatan ini tidak menggunakan dana APBD, dimana pelaksanaanya ditanggung penuh oleh CV GKJ. Pemilik perusahaan merupakan putra daerah Kabupaten Kapuas. Selain itu narasumber juga ada dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas.

Tujuan sosialisasi ini untuk mengenalkan kepada desa khususnya para Kepala Desa dan BPD tentang pentingnya jaringan internet di desa khususnya wilayah yang mengalami blank spot area. Diharapkan dengan bisa terbangunnya jaringan  internet bisa mendongkrak PAD desa melalui BUMDes.

Dia juga menambahkan dengan jaringan internet di pedesaan, akan meningkatkan pengelolaan dan pemberdayaan informasi melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk menuju desa broadband terpadu.

“Kami berharap dengan terbangunnya jaringan internet di desa nantinya bisa diresmikan secara langsung oleh Bapak Bupati, sehingga jaringan komunikasi dan internet di Kabupaten Kapuas semakin baik,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Tamban Catur H Dusi menyambut baik kegiatan ini. Pasalnya dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan akan internet desa. Disamping itu dengan kehadiran internet desa mampu memperkenalkan potensi desa, baik produk-produk unggulan dan lainnya.[angga]


TAG