Resmi Dilantik, Ampera Prioritaskan Ekonomi Kerakyatan di Periode Kedua

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Setelah resmi dilantik oleh Gubernur Kalimantan Tengah, pada pelantikan serentak sepuluh Kepala Daerah periode 2018 - 2023,  Senin (24/9/2018), Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, memprioritaskan ekonomi kerakyatan dalam program kerja jangka panjang.

Ampera AY Mebas, merupakan satu dari sepuluh pasang Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota hasil Pemilukada serentak 2018 yang resmi dilantik oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, Senin (24/9/2018).

Ditemui KabarKalteng seusai kegiatan pelantikan yang dilaksanakan di Istana Isen Mulang, Kota Palangka Raya, Bupati petahana yang kembali menjabat sebagai pemimpin Kabupaten Barito Timur selama lima tahun kedepan ini, mengungkapkan, bahwa dirinya memprioritaskan pembangunan dalam sektor ekonomi kerakyatan.

Hal ini, dikatakan oleh Ampera, dikarenakan pentingnya untuk segera dilaksanakan pembangunan dalam sektor ekonomi kerakyatan, guna mempercepat pertumbuhan dalam sektor pengembangan komoditi lokal.

"Seperti janji kita dalam masa kampanye, prioritas selama lima tahun kedepan, adalah pembangunan sektor ekonomi kerakyatan guna mempercepat pengembangan komoditi lokal, terutama karet, coklat, peternakan, perikanan dan persawahan padi. Apalagi kita (Bartim) saat ini, merupakan empat besar di Kalteng yang surplus pangan, jadi akan tetap kita pertahankan bahkan ditingkatkan lagi," tukasnya.

Meskipun begitu, Ampera mengakui, bahwa dengan diprioritaskannya ekonomi kerakyatan, Pemkab Bartim juga akan tetap meningkatkan pembangunan di sektor pendidikan dan kesehatan, serta infrastruktur.

"Meskipun di bidang infrastruktur kita sudah mencapai 80 persen dari total target lima tahun jabatan saya periode pertama, namun akan tetap kita lnjutkan, sama dengan bidang pendidikan dan kesehatan yang akan terus kita jalankan," terangnya.

Sementara itu, dijelaskan Ampera lebih lanjut, di bawah pemerintahannya, semua bentuk pembangunan nantinya dalam hal pembiayaan, dirinya akan menggunakan semua sumber dana yang ada semaksimal mungkin, tidak hanya terpaku dengan dana APBD ataupun APBN, tapi juga bekerjasama dengan pihak swasta terutama di bidang ekonomi kerakyatan.

Dalam kegiatan pelantikan yang dihadiri oleh ribuan orang undangan dari sepuluh Kabupaten dan Kota se-Kalteng tersebut, Ampera juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah membantunya baik pada masa kampanye hingga pada saat menjalankan roda pemerintahan. Demikian pula, ia mengharapkan agar seluruh masyarakat Bartim dapat terus memberikan dukungan penuh kepada Pemerintahannya selama lima tahun kedepan, agar tetap berjalan sesuai koridor dan mampu mencapai semua target demi kesejahteraan masyarakat.[tampetu]


TAG