Petugas Nusantara Sehat Individual Cek Kesehatan Siswa

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Sudah menjadi kewajiban sebagai tenaga kesehatan yang ditugaskan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang tergabung didalam Nusantara Sehat Individual untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap siswa-siswi sekolah di wilayah kerja Puskesmas Bantai Bambure kecamatan Dusun Utara Barito Selatan (Barsel).

Sasaran anak usia sekolah merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan. Dari hasil pemeriksaan yg di lakukan di SD Maruga dan SD Batukol banyak para siswa masih mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut.

"Hampir 98% mengalami masalah gigi dan mulut, juga mengalami Stunting (tinggi badan kurang) karena kurangnya mengkonsumsi susu dana makanan bergizi," terang petugas Nusantara Sehat Individual Lukman Hakim SKep kepada KabarKalteng, Selasa (4/9/2018).

Selain melakukan pemeriksaan, petugas dari Nusantara sehat Individu juga melakukan penyuluhan kepada murid dan guru tentang makanan bergizi agar tumbuh kembang siswa dapat optimal.

"Satu persatu siswa kita cek dan timbang berat badan mereka serta apakah ada keluhan sakit," imbuh putra kelahiran Kelurahan Bangkuang ini.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut sudah menjadi agenda baru bagi siswa untuk diperiksa kesehatan gigi dan seluruh badan secara umum.

Sementara itu Atrianro Sintano salah satu siswa mengatakan, mengaku senang bisa dicek kesehatannya.

"Pesan petugas kesehatan kami harus sarapan sebelum berangkat ke Sekolah atau kalau tidak sempat agar makanannya dibawa. Serta kami diminta selalu menjaga kesehatan tubuh," ungkapnya.[kenedy]


TAG