Pemkab Siap Sukseskan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati

Print Friendly and PDF


RAPAT KONSOLIDASI – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono, S.Sos didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH memimpin Rapat Konsolidasi persiapan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hasil Pilkada Serentak Tahun 2018 di Ruang Rapat Bupati Kapuas.

KUALA KAPUAS – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hasil Pilkada Serentak Tahun 2018 tinggal menghitung hari saja sehingga Pemerintah Kabupaten Kapuas mengambil langkah cepat dengan menggelar rapat konsolidasi yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono, S.Sos didampingi Sekretaris Daerah Kapuas Rianova SH, Rabu (19/9/2018) pagi.

Rapat Konsolidasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kapuas Vitrianson, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat, Kepala Bagian terkait pada Sekertariat Daerah, perwakilan dari Badan Keuangan dan Aset Daerah serta Sekretariat Dewan.

Diadakannya Rapat Konsolidasi karena mengacu pada Radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor T.131/7011/OTDA tanggal 03 September 2018 yang menjelaskan bahwa Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota hasil Pilkada serentak Tahun 2018 dilaksanakan serentak di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah paling lambat akhir September tahun 2018 dengan memperhatikan Masa Akhir Jabatan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota.

Diutarakan pula tentang tata cara pelantikan yang sejalan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta untuk efisiensi dan efektivitasnya proses pelantikan dan serah terima jabatan dirangkai dengan penyampaian Visi Misi pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten/Kota masing-masing hendaknya DPRD Kabupaten/Kota mengagendakan/menyiapkan alokasi waktu antara tanggal 20 September 2018 sampai dengan akhir bulan September 2018 untuk kegiatan dimaksud.

Untuk itu, Pj Bupati Kapuas menjelaskan agenda rapat konsolidasi yang diadakan yaitu penyampaian Hasil Konsolidasi Persiapan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas di Palangka Raya, mekanisme Serah Terima Jabatan dan Penyampaian Visi Misi Kepala Daerah Terpilih pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kapuas dan hal-hal lain dianggap perlu.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan atau acara dapat dilakukan sebaik-baiknya dan setertib-tertibnya. Saya juga meminta kepada semua perangkat daerah terkait agar mempersiapakan segala sesuatunya dengan maksimal sehingga Pelantikan dan Serah Terima Jabatan menjadi momen sakral dan sangat berkesan bagi kita semua,” katanya.

Terkait kepastian tanggal pelaksanaan, pria yang juga Kepala Kesbangpolinmas Provinisi Kalimantan Tengah ini menyatakan hingga kini ini belum ditentukan juga menurut informasi Surat Keputusan dari Kemendagri tentang Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2018 – 2023 sedang berproses.

Demikian pula penjadwalan dari Bapak Gubernur Kalimantan Tengah masih dinantikan, lanjut dia, Pemerintah Daerah tetap menunggu jadwal yang ditetapkan dan tetap fokus mengantisipasi apabila sewaktu-waktu diinfokan serta semua persiapan sudah matang atau siap untuk dilaksanakan.

“Saya mengimbau H-3 semua sudah siap baik sarana dan prasarana di Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, perkantoran dan H+1 Sidang Paripurna dalam penyampaian Visi Misi dan Serah Terima Jabatan juga sudah siap untuk dilaksanakan. Semua harus di optimalkan, harus ada saling kerja sama dan koordinasi antara instansi atau bagian terkait. Saya sangat senang kalau situasinya menyejukkan,” pungkasnya.[angga]


TAG