• Latest News

    Senin, 24 September 2018

    Pelantikan, Ini Pesan Sugianto kepada Seluruh Kepala Daerah di Kalteng


    PALANGKA RAYA - Ada tiga pesan penting, yang disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, dalam pelaksanaan kegiatan pelantikan Sepuluh pasangan Bupati dan Wakil Bupati plus Walikota dan Wakil Walikota se-Kalteng, Senin (24/9/2018).

    Momen bersejarah terjadi di Istana Isen Mulang, Kota Palangka Raya, Senin (24/9/2018), Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran melantik sepuluh pasang Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota terpilih periode 2018 - 2023, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lamandau H. Hendra Lesmana dan Riko Purwanto, Kabupaten Sukamara H.Windu Subagio dan H.Ahmad, SH, Kabupaten Seruyan Yulhaidir dan Hj. Iswanti, SE, MM.

    Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Katingan Sakariyas, SE dan Sunardi, Kabupaten Murung Raya Drs.Ferdi M Yosep, MA dan Rejikinnor S,sos. Menyusul Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barito Timur Ampera, A.Y Mebes, SE dan Habib Said Abdul Saleh, Kabupaten Barito Utara H.Nadhalsyah, dan Sugianto Panala Putra, Kabupaten Kuala Kapuas, Ben Brahim S.Bahat, dan Drs.H.M Nafiah Ibnor, MM.

    Selanjutnya adalah Bupati Kabupaten Pulang Pisau, H.Edi Pratowo S.sos dan Pujirustati Narang, serta yang terakhir adalah Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya, Fairid Nafarin, SE dan Hj.Umi Mastika, S.sos.

    Dalam pidatonya, Sugianto menyampaikan tiga hal penting yang wajib dilaksanakan oleh Kepala Daerah, selain mengelola keungan daerah dan melaksanakan program pembangunan.

    Yakni, yang pertama adalah agar Pemkab atau Pemkot wajib menggenjot keterlibatan Perusahaan Besar Swasta (PBS) dalam ikut serta memberikan kontribusi nyata untuk membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah kerjanya masing-masing.

    "Semua Kepala Daerah di Kalteng, wajib menggenjot kerjasama dengan pihak PBS yang beroperasi di wilayahnya masing-masing, dalam meningkatkan kontribusi dalam pembangunan Daerah melalui peningkatan jumlah program CSR (Coorporate Social Respocibility), kapan perlu berbagi saham dengan BUMD dan masyarakat setempat, sesuai dengan perintah UU dan peraturan yang berlaku," tukasnya.

    Selanjutnya, pesan kedua Sugianto untuk para Kepala Daerah, adalah menyangkut kesejahteraan pegawai honorer yang dipekerjakan di lingkungan Pemerintah Daerah masing-masing. Orang nomor satu di Bumi Isen Mulang ini, menekankan agar semua Pemkab ataupun Pemkot se-Kalteng, dapat membayarkan gaji/honor para pegawai honorer di setiap bulan, dan tidak boleh dirapelkan.

    "Semua pegawai honorer saya tekankan harus dibayar setiap bulan, jangan sampai ada yang ditunggak bayarannya hingga berbulan-bulan. Kalau sampai itu terjadi, Sekdanya wajib dipanggil kapan perlu dilakukan perombakan, karena hal ini menyangkut kesejahteraan para pegawai honorer!" tegasnya.

    Kemudian pesan terakhir dari Sugianto kepada semua Kepala Daerah se-Kalteng, adalah menjaga agar jangan sampai ada PBS baik yang bergerak di bidang Pertambangan maupun Perkebunan, yang menggunakan jasa aparat Kepolisian ataupun TNI untuk membekingi usaha mereka.

    Sebab, menurut Sugianto lagi, hal tersebut selain melanggar UU dan peraturan yang Berlaku di NKRI, juga dapat menimbulkan kerentanan terjadinya gesekan antara aparat dengan masyarakat, bahkan juga dapat menimbulkan adanya indikasi pelanggaran terhadap hak-hak masyarakat, oleh PBS dengan memanfaatkan perlindungan kepentingan dibalik intimidasi menggunakan aparat Kepolisian ataupun TNI.

    "Saya tidak mau di Kalteng ada PBS yang menggunakan aparat sebagai pengamanan kepentingan usaha mereka, karena hal tersebut bertetangan dengan UU dan peraturan yang berlaku. Selain itu, kerap kali PBS yang menggunakan aparat untuk melindungi kepentingan mereka, terindikasi melakukan intimidasi terhadap hak-hak masyarakat," pungkasnya.

    Serangkaian Pelantikan ini disertai juga dengan penandatanganan Fakta Integritas Kepada seluruh Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya terpilih, yang merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur Negara sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta peran dan wewenang, yang sejalan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.[tampetu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pelantikan, Ini Pesan Sugianto kepada Seluruh Kepala Daerah di Kalteng Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top