• Latest News

    Kamis, 06 September 2018

    Manfaat Tepat Sasaran, Kemenag Sosialisasikan Penggunaan Dana BOS


    KUALA KAPUAS - Agar pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah tepat sasaran, sesuai sebagaimana yang diatur dalam petunjuk teknis (Juknis), Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas, Kalteng, Kamis (6/9/2018), memberikan bimbingan sekaligus sosialisasi.

    Pembekalan ini diberikan kepada sejumlah kepala maupun bendahara madrasah baik untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA) yang berada di bawah naungan Kemenag. Kegiatan dipusatkan di aula Kantor Kemenag.

    Selain dari Kemenag Kapuas, materi juga disampaikan narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng,

    "Dalam rangka pembinaan, pemanfaatan penggunaan dana BOS madrasah, sesuai Juknis 451 tahun 2018, Dirjen Pendidikan Islam," kata H Sajarwan, Kasi Pembinaan Madrasah, usai kegiatan pembinaan.

    Bantuan operasional madrasah, lanjutnya, adalah program pemerintah yang pada dasarnya untuk penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia. Dengan program BOS diharapkan dapat meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan yang bermutu.

    "BOS yang diterima madrasah dapat dipergunakan untuk membiayai komponen kegiatan-kegiatan yang meliputi pengembangan perpustakaan, juga kegiatan pembelajaran," terangnya.

    Lebih lanjut dikatakannya, dalam Juknis telah diatur hal apa saja yang diperbolehkan penggunaan dari dana BOS itu. Begitu juga sebaliknya dalam juknis juga disebutkan ada hal yang tidak boleh dilakukan dalam penggunaan dana BOS madrasah tersebut.

    "Dengan adanya BOS ini diharapkan tata kelola pendidikan madrasah ini menjadi  lebih baik," pungkas H Sajarwan.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Manfaat Tepat Sasaran, Kemenag Sosialisasikan Penggunaan Dana BOS Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top