Malam 1 Muharram, Warga Desa Kantan Dalam Gelar Syukuran

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Memperingati malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, masyarakat Desa Kantan Dalam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (10/9/2018) malam menggelar acara syukuran.

Syukuran yang digelar masyarakat desa setempat itu bertujuan untuk memberikan kedamaian dan keamanan bagi desa dimaksud.

"Acara syukuran ini dengan tujuan agar desa kita bersih, aman, damai dan terhindar dari marabahaya," ucap Ketua RW setempat, Sunar menyampaikan kepada wartawan ini, Senin (10/9/2018) malam.

Menurutnya, pada malam syukuran tersebut, setiap keluarga membawa Takir atau nasi yang ditaruh di atas daun pisang yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat itu sendiri sebagai ucapan rasa syukur dalam menyambut kedatangan Tahun Baru Islam.

"Acara ini kita langsungkan di perempatan desa dengan membawa sejumlah menu makanan yang sudah menjadi tradisi masyarakat kita," katanya.

Selain itu tambahnya, pada malam 1 Muharram atau biasa warga menyebut sebagai malam 1 Suro, di mana pada malam tersebut sesuai tradisi masyarakat setempat akan melangsungkan pembersihan pusaka (biasanya berupa keris dan semacamnya) dengan cara dicuci.

"Untuk bersih-bersih pusaka ini khusus di rumah masing masing saja. Nasi tumpeng juga tak lepas menghiasi sajian di malam syukuran itu," ungkapnya.

Sementara untuk memimpin acara syukuran malam 1 Suro, dipercayakan kepada sepuh desa.

"Mbah Saidi selaku sepuh yang baca doa,  dan harapannya yang pasti datangnya keberkahan dan keselamatan untuk desa kami," tukasnya.[manan]


TAG