Maknai Hari Kesaktian Pancasila, Ini Kata Edy Pratowo...!

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Bupati Kabupaten Pulang Pisau, H Edy Pratowo, S.Sos, MM,  menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten setempat, Senin (1/10/2018) pagi.

Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini  diikuti oleh Wabup Pulpis, Pudjirustaty Narang, Ketua DPRD Pulpis, Maruadi, Kapolres Pulpis, AKBP Dedy Sumarsono, SIK, MH, Kajari Pulpis, Triono Rahyudi, SH, MH, Pabung 1011/Klk, Mayor Inf. Mulyadi, Sekda Pulpis, Ir Saripudin, Kepada SOPD, ASN, dan Tena Kerja Harian Lepas di lingkup Pemkab Pulang Pisau.

Rangkaian upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, pembacaan naskah Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan pembacaan ikrar Kesetiaan Pancasila yang dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau.

Pada kesempatan itu Bupati Edy menyampaikan terkait peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dimana menurutnya kegiatan tersebut merupakan tempat kita memaknai Pancasila sebagai dasar negara yang patut dipertahankan demi keutuhan NKRI.

"Yang pastinya peringatan ini wadah kita memaknai Pancasila sebagai dasar negara yang wajib kita pertahankan untuk keutuhan NKRI yang merupakan harga mati bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Edy kepada awak media, Senin (1/10/2018) usai pelaksanan upacara.

Ia juga mengatakan, dalam isi kandungan Pancasila mulai dari sila pertama sampai sila kelima, mengandung makna secara menyeluruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari itu, sudah selayaknya kita mengamalkan setiap isi kandungan Pancasila demi menjaga kedaulatan NKRI.

"Kita jangan mudah terpengaruh oleh isu-isu yang ingin memperpecah belah kesatuan dan persatuan rakyat Indonesia, seperti Isu SARA dan berita bohong (hoax). Mari kita terus berpegangan tangan untuk kemajuan daerah kita (Pulpis) secara khusus dan Indonesia secara umunya," pungkas Edy.[manan]


TAG