• Latest News

    Selasa, 11 September 2018

    KLB Campak Rubella di Kapuas, Pemprov Imbau Dinkes segera Laksanakan Vaksin MR


    PALANGKA RAYA - Kasus banyaknya penderita campak rubella atau yang juga dikenal dengan sebutan campak Jerman di Kabupaten Kapuas, hingga ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), mengundang perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

    Ditemui seusai pelaksanaan penutupan Rapat Paripurna VII masa sidang Ke-II dan pembukaan Rapat Paripurna I masa sidang Ke-III, yang bertempat di ruang Sidang paripurna DPRD Kalteng, Rabu (12/9/2018). Plt Sekretaris Daerah Kalteng, Fahrizal Fitri S.Hut MP, kepada awak media mengatakan, berdasarkan hasil observasi terdeteksi sedikitnya 35 orang penderita campak rubella di Kabupaten Kapuas dan telah ditetapkan statusnya menjadi KLB, merupakan tanggung jawab semua pihak bahkan juga Pemprov Kalteng.

    Dengan ditetapkannya kasus campak rubella di Kapuas menjadi status KLB, Fahrizal bersama dengan Pemkab setempat akan segera melakukan upaya isolasi, agar bisa menekan angka penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus rubella tersebut.

    "Kita akan lakukan upaya khusus yakni isolasi, dengan melakukan vaksinisasi terhadap kerabat terdekat penderita dan juga meminta kepada pihak Dinas Kesehatan setempat untuk segera melaksanakan vaksin bagi anak-anak," terangnya.

    Selain itu, berkenaan dengan bulan vaksin Nasional, Fahrizal juga meminta untuk seluruh masyarakat Kalteng, agar bersama-sama mendorong supaya anak-anak mereka segera diberikan vaksin MR. Hal tersebut, menurut Fahrizal lagi, guna menghindari agar jangan sampai kasus penderitaan campak rubella di Kalteng menyebar luas dan menjadi kejadian luar biasa.

    "Bertepatan dengan bulan vaksin Nasional, kami (Pemprov) sudah memerintahkan seluruh Dinkes se-Kalteng, untuk segera mendorong pelaksanaan vaksin MR, apalagi Kalteng dalam hal ini masih 40-56 persen jumlah yang sudah divaksin MR," tukasnya.

    Berkaitan dengan masih adanya persoalan orang tua yang enggan mengikutsertakan anak mereka dalam program vaksin MR, dikarenakan kontrovesi label halal. Menurut Fahrizal hal tersebut sudah difatwakan oleh MUI, bahwa dalam keadaan darurat apalagi menyangkut kesehatan dan keselamatan jiwa, maka vaksin boleh dilaksanakan.

    "Jadi kami menghimbau, kepada seluruh orang tua dan masyarakat di Kalteng, untuk segera memberikan vaksin MR kepada anak-anak mereka yang berusia di bawah 15 tahun kebawah, guna menghindari penyebarluasan penderitaan campak ini," pungkasnya.[tampetu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KLB Campak Rubella di Kapuas, Pemprov Imbau Dinkes segera Laksanakan Vaksin MR Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top