• Latest News

    Kamis, 20 September 2018

    KIM Desa Maju Bersama Dukung Internet Desa


    FOTO BERSAMA - Pengurus KIM Desa Maju Bersama saat foto bersama saat setelah pembentukan KIM di Kantor Desa Maju Bersama beberapa waktu lalu.

    KUALA KAPUAS - Sejak disosialisasikannya pemanfaatan jaringan internet dalam pengelolaan dan pemanfaatan informasi melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Kapuas Barat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas beberapa waktu yang lalu, membuat beberapa desa di Kecamatan Kapuas Barat berlomba-lomba ingin membentuk lembaga komunikasi sosial seperti KIM.

    Mastaniah Kepala Desa Maju Bersama Kecamatan Kapuas Barat langsung menindak lanjuti dalam pembentukan KIM di desanya, karena dia tahu akan pentingnya lembaga komunikasi sosial tersebut yang salah satunya fungsinya mendayagunakan informasi guna meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup serta Mengembangkan potensi ekonomi yang berada di kawasan Kelompok Informasi masyarakat (KIM).

    "Dengan dibentuknya KIM Desa Maju Bersama diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa dalam meningkatkan produk-produk unggulan desa seperti kerajinan anyaman rotan maupun kerajinan atap daun rumbia, mempermudah penyampaian informasi maupun laporan penyelenggaraan pemerintah desa di SOPD terkait seperti BPMDes," ungkapnya, Kamis (20/9).

    Dia juga menambahkan Desa Maju Bersama sangat mendukung masuknya internet desa yang merupakan akses jalan dalam pengelolaan KIM di desanya serta nantinya dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan Bumdes.

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat yang merupakan salah satu narasumber kegiatan sosialisasi pemanfaatan internet desa menyambut baik keinginan Kepala Desa Maju Bersama untuk membentuk KIM dengan membuatkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kominfo nomor 559 Diskominfo Tahun 2018 tentang pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Maju Bersama Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas, dengan Ketua Mastaniah yang dibina langsung oleh Camat dan Ketua KIM Kecamatan Kapuas Barat.

    Selain itu dia juga  mengharapkan dengan dibentuknya KIM Desa Maju Bersama Kecamatan Kapuas Barat akan memacu desa-desa lain membuat hal serupa, karena KIM merupakan lembaga komunikasi sosial yang salah satunya fungsinya untuk mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat dan masyarakat dengan  Pemerintah.[angga]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KIM Desa Maju Bersama Dukung Internet Desa Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top