Keliling Kota, Asisten I Setda Pulpis Lepas Pawai Taaruf 1 Muharram

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Mewakili Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Sunarti. Asisten I Setda Pulang Pisau, Susilo I Tamin, melepas pawai ta'aruf menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H, Selasa (11/9/2018) pagi di Lapangan Handep Hapakat, Kota Pulang Pisau.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tahfidziah Nahdaltul Ulama Kabupaten Pulang Pisau, H Edy Pratowo, Pabung 1011/Klk, Mayor Inf Mulyadi, Camat Kahayan, Sugondo, sejumlah kepala SOPD Lingkup Pemkab Pulpis dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Pulpis yang dibacakan Asisten I, Susilo menyampaikan atas nama Pemkab Pulpisa mengucapkan selamat atas terselenggaranya pawai ta'aruf dan juga selamat tahun baru Islam 1440 H.

"Seluruh jajaran Pemkab Pulpis mengucapkan selamat tahun baru Islam 1440. Semoga di tahun baru ini kehidupan kita kedepannya akan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya," ucapnya pada sebelum melepas pawai.

Selain itu juga, Susilo mengatakan bahwa tahun baru Islam ini sebagai tahun evaluasi diri, dimana dengan bergantinya tahun ini, maka terus berupaya lebih baik lagi dalam menata perilaku atau akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari

"Yang pastinya, dalam momentum tahun baru Islam kita semua dapat memberikan yang terbaik bagi agama, nusa dan bangsa,

Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua panitia pelaksana, H Syarbaini mengatakan acara pawai taaruf (Pawai Akbar) ini di ikuti oleh sekolah - sekolah yang ada di Wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, yakni mulai tingkat SD, SMP, SMA/Sederajat dan tingkat Umum (mesjid/musholla/instansi/ormas/komunitas dan pengajian itu akan mengelilingi sejumlah ruas jalan dalam kota Pulang Pisau, seperti Jalan Oberlin Metar, Tingan Menteng dan Panjunjung Tarung.

"Start kita mulai dari Lapangan Handep Hapakat, Jalan Oberlin Metar menuju Jalan Tingang Menteng lanjut Jalan Panunjung Tarung dan kembali ke Jalan Oberlin Metar. Sedikitnya ada 3000  peserta dari 3 kategori yang mengikuti pawai ra'aruf tahun tahun ini. Untuk tingkat TK/SD/MI  berjumlah 13 kelompok, SMP/SMA/Sederajat sebanyak 9 kelompok dan tingkat umum berjumlah 19 kelompok," ungkap H Syarbaini dalam sambutannya selaku ketua panitia.

Ia juga menambahkan, sedikitnya dalam rangkaian lomba pada peringatan tahun baru Islam 1440 H tahun 2018 ada 9 cabang lomba yang akan di lombakan pada rangkaian 1 Muharram ini. Namun, untuk pelaksanaannya pada 15-16 September 2018 pekan depan di GPU Handep Hapakat dan Langgar Al-Gufron.

"Hari ini tepat 1 Muharram ada dua kegiatan yang dilangsungkan, yakni pawai ta'aruf dan lomba sepeda hias. Untuk lomba selanjutnya ada lomba Mewarnai tingkat TK/RA, lomba Menggambar tingkat SD/MI, lomba Adzan dan Iqomah TPA/SD/MI, lomba Tartil Quran, lomba Cerdas Cermat TPA/SD/MI dan lomba Hafalan Juz Amma tingkat TPA/SD/MI,MTs/SLTP," tetangnya.

Sementara dari pantauan wartawan ini di lokasi acara, dilakukan pemotongan kue dan doa bersama sebagai tanda ucapan syukur atas bertambahnya usia yang diberikan Allah SWT selama satu tahun. Serta diakhir pelaksanan pawai dilakukan pembagian dorprise melalui kupon undian yang telah dibagikan pihak panitia kepada seluruh peserta pawai dan masyarakat yang mengikuti pelaksanaan tersebut, dengan berbagai macam jenis hadiah terutama 1 unit sepeda motor.

"Dengan berkah umur ini kita akan lebih baik lagi dan semoga peringatan tahun depan akan lebih meriah lagi. Terimakasih pula kepada seluruh donator yang telah berpartisipasi dalam memberikan dorprisenya untuk hadiah," pungkasnya.[manan]


TAG