Karhutla Makin Parah, Hari Ini Hotspot Terpantau 74 Titik

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Bukannya berkurang, hotspot atau titik panas akibat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau malah meningkat. Terdeteksi sebanyak 74 titik panas hari ini terpantau.

Hal tersebut disampaikan Kepala IC Commander Mayor inf Mulyadi yang juga selaku Pabung 1011/Klk, Rabu (26/9/2018) kepada sejumlah wartawan usai menghadiri kirab satu negeri di Kamenag Pulpis.

Ia mengatakan sebaran titik panas berada di sejumlah Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, pada hari ini sedikitnya ada 74  titik panas diantaranya berada di Pandih Batu, Bahaur dan Sebangau. "Dari 74 itu ada 16 titik yang cukup luas," ucapnya.

Menurut Mulyadi, dari 74 titik panas itu tentunya mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan yang masih terus terjadi di Bumi Handep Hapakat.

Sebaran titik-titik api tersebut berada di kawasan hutan, seperti hutan semak belukar dan hutan galam. Hingga kini, kebakatan di sana belum teratasi secara maksimal, lantaran terkendala dana anggaran yang masih belum direalisasikan oleh pihak-pihak terkait.

"Kita selaku Kepala Komando dalam pencegahan Karhutla di Pulpis, tentunya sangat berharap kepada dinas maupun pihak yang terkait dalam pengguna anggaran kiranya dapat selalu bekerjasama dalam mengatasi karhutla di Bumi Handep Hapakat ini," tuturnya.

Ditambahkannta, sebaran titik api ini, ungkap Mulyadi, tentunya membuat pihaknya terus bekerja dengan super ekstra disamping keterbatasan anggaran.

"Sampai saat ini kita bekerja memadamkan api masih dalam keterbatasan anggaran. Dari itu, kami perlu support seluruh pihak dalam upaya kerja keras kemanusiaan ini. Meski ada atau tidak adanya dana, kita tetap bekerja semampu mungkin, karena ini sudah berupakan tanggungjawab kita semua," pungkasnya.[manan]


TAG