Kapolres Barut Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PWI

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Kapolres Barito Utara (Batara) AKBP Dostan Matheus Siregar SIK mendapat penghargaan dari PWI Barito Utara (Barut) atas prestasi dan kontribusinya terhadap perkembangan pers.

Penghargaan itu diserahkan Ketua PWI Batara Roby Cahyadi SH didampingi Sekretaris Arief Hidayat dan Ketua Bidang Pembelaan Wartawan, Melkianus HE SSos di Cafe Hotel Armani Muara Teweh, Jumat (7/9/2018).

AKBP Dostan Matheus Siregar Sik mengatakan nota kesepahaman yang akan kita tandatangani ini, kalau dilihat dari sejarahnya diawali pada tahun 2012 lalu yang pada saat itu Kapolri masih dijabat oleh Timur Pradopo dengan Ketua Dewan Pers Bagir Manan.

"Kemudian nota kesepahaman ini masa berlakunya lima tahun sehingga diperpanjang kembali pada Hari Pers Nasional di Ambon Maluku pada tahun 2017. Dan kebetulan Dewan Pers melaksanakan kegiatan MoU tersebut bukan hanya dengan Kapolri tapi bersama dengan Panglima TNI, jadi ini lah hebatnya teman-teman pers di Indonesia," kata.

Kapolres juga menyarankan agar kedepannya kegiatan yang dilaksanakan seperti ini bisa dilaksanakan bersama teman-teman TNI khususnya Kodim 1013 Muara Teweh yang nantinya diwakili oleh Dandim 1013 Muara Teweh.

Dikatakannya, nota kesepahaman ini terus ditindaklanjuti oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, dan tentunya kami selaku jajaran di kewilayahan juga mendapatkan amanat, mendapatkan perintah untuk juga melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

"Ini sangat penting bagi kedua belah pihak, baik kepolisian dalam hal ini Polres Barito Utara dan PWI Barito Utara. Kalau saya membaca didalam nota kesepahaman ini ada dua hal yang sangat penting bagi kami khususnya kepolisian lebih khususnya lagi Polres Barito Utara didalam nota kesepahaman ini dengan dewan pers," katanya.

Yang pertama kata Dostan dalam rangka meningkatkan kualitas Polri didalam melaksanakan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana yang berkaitan dengan pers, supaya kita lebih profesional, mana yang masuk delik pers mana yang bukan.

Kemudian yang kedua adalah mengatur mekanisme bagaimana cara pihak kepolisian meminta bantuan keterangan ahli dari teman-teman pers.

"Itu dua hal yang sangat penting bagi kami kepolisian didalam isi MoU tersebut. Mudah-mudahan nota kesepahaman akan kita tandatangani ini betul-betul meningkatkan keprofesionalan kita didalam menjalankan tugas kita masing-masing," imbuhnya.

Kami menjalankan tugas sebagai pengayom, pelayan, pelindung masyarakat sekaligus menjaga kamtibmas dan penegakkan hukum, dan rekan-rekan pers juga profesional didalam mengelurkan karya jurnalistiknya.

Ia juga mengatakan Polres juga diberi penghargaan dari rekan-rekan pers, tentunya suatu kehormatan dan kebanggan bagi kami.

Dengan diberikannya penghargaan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami. Mudah-mudahan dengan pemberian penghargaan ini ucap Dostan, memotivasi dirinya dan kesatuan Polres Barut untuk lebih berkarya dan berprestasi kedepannya.

"Mari berkarya dan bekerja untuk menjaga stabilitas keamanan, khususnya di wilayah Batara," jelas Dostan yang didampingi Wakapolres Kompol Agus DS SIK.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Barut Roby Cahyadi menjelaskan, sebelum penyerahan penghargaan dilakukan nota kesepahaman antara Kapolres Barut dengan PWI Batara.

"Berdasarkan informasi PWI Provinsi Kalteng, Kapolres Barut merupakan yang pertama melaksanakan MoU dengan PWI kabupaten. Jadi Barut satu-satunya kabupaten dari 13 kabupaten yang membuat MoU antara Kapolres dengan PWI," ungkapnya.

Sebagai rasa bangga, maka PWI Barut memberikan piagam penghargaan kepada Kapolres, atas prestasinya dalam tercapainya nota kesepahaman ini. Disamping itu, selama ini sudah menjadi mitra pers yang baik.[doni]


TAG