Jadi Pemateri, Suwarno Ajak Pelajar Bijak Bermedsos

Print Friendly and PDF


SOSIALISASI - Plt Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat SAg MPd bersama Guru dan Peserta Kawah Kepemimpinan Pelajar Pengurus OSIS SMAN 2 Kuala Kapuas.

KUALA KAPUAS – Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat mengajak para Pelajar agar memanfaatkan media sosial secara arif dan bijaksana. Sangat banyak informasi dari media sosial yang bersifat negatif dan positif.

Sikap bijak terhadap media sosial adalah segala yang bermanfaat untuk peningkatan taraf hidup dan bersifat membangun persaudaraan dan kedamaian harus diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

Ajakan ini disampaikan H Suwarno saat menjadi pemateri Pelatihan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) Pengurus OSIS dan MPK SMAN 2 Kuala Kapuas Sabtu (29/9/2018) siang di Aula SMAN 2 Kuala Kapuas yang diikuti sebanyak 60 peserta, panitia dan Guru Pembina.

Doktor alumni Universitas Negeri Malang ini secara rinci menguraikan tentang sifat dasar, konsep, syarat dan pendekatan sebagai pemimpin sebuah organisasi.

“Seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik karena bersifat konsisten terhadap tujuan organisasi, konsekuen dan berkualitas. Selain itu memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang baik serta mampu memadukan kebutuhan organisasi dan masyarakat dan potensi yang dimiliki,” ucapnya.

Menariknya, selama hampir dua jam H Suwarno yang juga Dosen STAI Kuala Kapuas menantang peserta untuk menyelesaikan studi kasus, berdiskusi maupun presentase kelompok tentang kiat membangun diri menjadi pemimpin dalam era milenia serta cara bersikap bijak bermedia sosial untuk menangkal  berita-berita hoax.

Sebelumnya, Kepala SMAN 2 Kuala Kapuas Asen SPd saat membuka Pelatihan menegaskan bahwa KKP bagi Pengurus OSIS dan MPK dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan karakter peserta didik agar menjadi generasi muda berkarakter tangguh, mengaktualisasikan jiwa kepemimpinan serta mengkatkan pengetahuan mengelola organisasi.

Hal senada diutarakan pula Pembina OSIS Risma Hutahahean SPd selaku Ketua Panitia. “Selama dua hingga Minggu (30/9/2018), para peserta selain menerima teori dan praktik kepemimpinan oleh Pemateri dari luar sekolah maupun para guru, juga melakukan bakti sosial, olahraga, latihan baris berbaris serta game kebangsaan dan kepemimpinan,” terang Risma.[angga]


TAG