Gelar Bakti Sosial, Smile Train Indonesia Berbagi Senyum di Hari Jadi Ke-59 Barsel


BUNTOK - Aksi kemanusiaan di Hari Jadi Kabupaten Barito Selatan ke-59 tahun dilakukan Yayasan Smile Train Indonesia, PT Multi Tambang Jaya Utama (PT MUTU), Yayasan Anugerah Sentosa. Aksi ini tak lain dengan melaksanakan bakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit di Rumah Sakit Jaraga Sasameh Buntok, Jumat (21/9/2018).

Kegiatan ini juga didukung oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Kalimantan Tengah, Sapma Pemuda Pancasila Kalimantan Tengah, dan Komunitas Penggiat Sosial.

Menurut Ketua Panitia, Chris Philip Alessandro, walaupun kegiatan ini dilaksanakan di Barsel tapi penjaringan berskala Provinsi Kalteng. Hal ini dibuktikan adanya pasien dari Kabupaten Kapuas, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Bartim dan Barsel sendiri.

"Dalam kegiatan ini pasien berjumlah 16 orang yang terdiri dari bayi, dewasa hingga orang tua dan waktu pelaksanaan sejak tanggal 21 hingga 22 September," ungkapnya.

Menurut Chris Philip Alessandro total pasien yang sudah dioperasi hasil kerjasama Smile Train Indonesia dengan berbagai pihak di Kalimantan Tengah semenjak tahun 2016 sudah sebanyak 270 orang yang terdiri dari berbagai kabupaten di Kalteng.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Bakti Sosial Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit ini mampu membantu masyarakat Kalteng yang membutuhkannya.

"Kegiatan akan terus dilaksanakan menyesuaikan sebaran data pasien dan kesiapan daerah tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan ini," pungkasnya.

Senada dengan Deni Liwan wakil ketua IWO Kalteng mengatakan, operasi bibir sumbing ini merupakan progam pertama di Barsel yang bertujuan membantu masyarakat tidak mampu.

Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan setiap tahun, termasuk program lain yang tetap bersentuhan dengan masyarakat.

"Inilah adalah program pertama kita, insya Allah akan kita laksanakan secara kontinyu," pungkasnya.[kenedy/deni]


TAG