Diramaikan 955 Duta Provinsi, Temu Karya Disambut Antusias Masyarakat Kalteng

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Bukan hanya meriah, pembukaan Pagelaran Temu Karya Taman Budaya Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional se-Indonesia juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kota Palangka Raya.

Pembukaan Temu Karya Taman Budaya Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional se-Indonesia sendiri dilaksanakan di Taman Budaya Kalimantan Tengah Jalan Temanggung Tilung XIII, Kota Palangka Raya, Rabu (12/09/2018).

Kegiatan dihadiri oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Direktur Kesenian Kemendikbud RI Restu Gunawan, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan selaku Ketua Panitia Guntur Talajan, Ketua Museum Basoeki Abdullah Maeva Salma, Ketua Forum Taman Budaya Sukanto dan jajaran pemerintahan.

Tercatat sebanyak 955 duta provinsi di Indonesia andil di event seni budaya ini. Di antaranya dari Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Lampung, Bengkulu, Jambi, Riau, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah sendiri.

Sugianto Sabran dalam sambutannya mengatakan, temu karya ini sebagai simbol kesatuan Republik Indonesia yang memiliki keberagaman daerah.

"Semua suku, budaya serta agama yang berkumpul di Palangka Raya untuk menjadi kreatif dan inovatif," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kesenian Kemendikbud RI, Restu Gunawan mengajak masyarakat agar dapat lebih menjaga serta melestarikan situs-situs budaya yang dimiliki masing-masing daerah. Ini dengan tujuan dapat mempercepat pembangunan serta memecahkan persoalan-persoalan yang sedang dihadapi.

"Forum terbesar dari taman budaya diharapkan dapat memecahkan problematika taman budaya di daerah. Kebudayaan apabila dijadikan sumber ekonomi maka akan menjadikan kekuatan serta pengembangan pembangunan di Indonesia," tukasnya.[farizal]


TAG