Dinas PUPR Gelar Sosialisi dan Konsultasi Publik Penyusunan Perbup 

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar sosialisasi dan konsultasi publik penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penyelenggaraan bangunan gedung tahun 2018 di Aula BAPPEDA Barsel, Kamis (13/9/2018).

Kegiatan yang berdasarkan UU Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (UUBG) tersebut, bertujuan untuk menghadirkan penataan bangunan dan lingkungan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

"Untuk mewujudkan harapan tersebut diperlukan pemahaman dan tindakan bersama dari pihak-pihak terkait untuk merealisasikan regulasi dan kebijakan di bidang bangunan gedung dan penataan bangunan menjadi nyata," kata Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri ST dalam sambutannya disampaikan Asisten III Dekma S.Sos Msi.

Dikatakannya, pemerintah daerah mempunyai peran strategis dalam penyelenggaraan dan pengaturan urusan pemerintahan, termasuk pembunaan bangunan gedung dan penataan bangunan. 

"Dalam hal ini, pemerintah daerah perlu melakukan penyebarluasan informasi, sosialisasi, regulasi, dan kebijakan secara berkelanjutan, khususnya kepada masyarakat luas guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran para pihak untuk terwujudnya tertib penyelenggaraan bangunan gedung di daerah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Barsel, Agus In'yulius ST MT dalam laporannya menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya acara tersebut dalam rangka penyebarluasan informasi, sosialisasi, regulasi, dan kebijakan secara berkelanjutan, khususnya kepada stakeholder terkait dalam upaya menghimpun pendapat, saran dan masukan, demi kesempurnaan penyusunan Perbup tentang penyelenggaraan bangunan gedung di Barsel.

Materi yang dibahas nantinya adalah, pembahasan ketiga penyusunan peraturan Barsel tentang penyelenggaraan bangunan gedung, di mana sebelumnya sudah dilaksanakan pembahasan.

Pertama dan kedua oleh Kelompok Kerja (Pokja)/Tim Penyusun bersama-sama dengan Konsultan Pendamping.

"Untuk lebih memantapkan kegiatan ini, kita juga menghadirkan narasumber pejabat dari Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Satker PBL Prop Kalteng, Pejabat dari Bidang CIpta Karya Dinas PUPR Provinsi Kalteng serta narasumber lainya," pungkasnya.[deni]


TAG