Di Akhir Masa Jabatan, Riban Satia Titip Buku Pukung Pahewan

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya 2013-2018 berakhir, seiring pelantikan Walikota dan Walikota Palangka Raya yang baru untuk lima tahun ke depan.

Di akhir masa jabatan, Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia dan Mufit Saptono menggelar perpisahan dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palangka Raya, di Rumah Jabatan walikota Jalan Diponegoro Palangka Raya, Senin (24/9/2018).

Di momen perpisahan ini, Riban menitipkan sebuah buku berjudul "Pukung Pahewan" yang dibuatnya bersama tim ahli. Buku ini akan diserahkan kepada Walikota terpilih 2018-2023.

Buku ini berisi tentang satu kearifan lokal yang masih melekat di tengah masyarakat dayak Kalimantan Tengah, khususnya Palangka Raya. Buku ini dititip untuk walikota yang baru, agar isi dalam buku ini bisa dilakukan penelitian selanjutnya, guna menjaga nilai-nilai dan sumber daya alam yang ada di Kalteng ini.

Dari sudut pandang budaya, ada 14 lahan atau wilayah yang dijadikan masyarakat dayak untuk areal kehidupannya, ada 4 kelompok yang bisa dideskripsikan oleh masyarakat dayak Ngaju, yaitu hutan yang masih asli, hutan keramat, hutan bekas ladang yang berkembang menjadi sebuah hutan larangan, dan terahir adalah hutan yang berdasarkan ditunjuk oleh kepala adat.

Para leluhur dayak sudah mengajarkan untuk menyisai sebagian hutan, karena di sisa hutan itulah semua sumber kehidupan akan berkumpul untuk keberlanjutannya ketika masyarakat membuka lahan untuk berladang.

Para ASN tampak merasa kehilangan sosok pemimpin yang melahirkan berbagai inovasi dan sebagai inspiratif bagi pegawainya.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Wali yang telah membimbing kami, menjadikan kami pemimpin yang punya semangat juara, dan sangat dekat dengan masyarakat," tutur salah satu ASN yang hadir.

Di akhir acara perpisahan, Walikota dan wakil walikota Palangka Raya berharap agar kota Palangka Raya senantiasa dilimpahkan rahmat dan keselamatan oleh Allah.[abimanyu/kenedy]


TAG