Berada di Persimpangan, Tiang Listrik di Desa Marapit Ancam Keselamatan Pengendara

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Posisi tiang listrik yang berlokasi di kawasan RT 05, Desa Marapit, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, mulai dikeluhkan warga. Karena posisinya yang tidak layak, tiang listrik ini disebutkan sudah sering membahayakan pengguna jalan, dan tak jarang memakan korban.

"Keberadaan tiang listrik di RT 05 ini, sering memakan korban," ungkap Meta, warga Marapit pada KabarKalteng, Selasa (18/9/2018).

Tiang listrik milik PLN ini posisinya tepat berada di simpang pertigaan jalan desa. "Ini sangat meresahkan warga masyarakat, karena dengan posisi tiang listrik seperti itu kerap kali terjadi kecelakaan," jelas Meta.

Apalagi, lanjutnya, di saat anak-anak berangkat sekolah dan pulang sekolah, sangat riskan terjadi kecelakaan. Sudah beberapa kali terjadi kecelakaan di area jalan tersebut, seperti yang baru terjadi kecelakaan di sebabkan posisi tiang listrik persis di tengah jalan.

"Padahal warga desa pernah mengusulkan satu tahun lalu surat permohonan pemindahan tiang listrik tersebut kepada kantor cabang PLN di kecamatan Kapuas tengah. Namun hingga kini tidak ada respon sama sekali dari pihak PLN," ungkapnya.

Senada, Rudi Hartono, warga Desa Marapit lainnya mengatakan, dengan posisi tiang listrik seperti itu, tentu sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Apabila pihak PLN Kapuas tidak segera memindahkan posisi tiang listrik tersebut, tak mustahil bakal ada korban lagi.

"Jadi apakah harus ada yang meninggal dunia akibat tiang listrik ini, baru dipindahkan," tandas Rudi.

Terpisah, Jamaludin Saleba, Manajer PLN Kapuas melalui Achmad Ridhani, Kepala Humas PLN Kota Kuala Kapuas mengakui jika posisi tiang listrik di Desa Marapit sangat membahayakan para pengendara bermotor.

"Sebenarnya bisa saja dipindahkan, asalkan ada surat resmi permohonan dari masyarakat atau kepala desa setempat dengan tujuan ke PLN Kapuas," jelasnya.

Terkait surat permohonan yang pernah diajukan masyarakat Desa Marapit, Ridhani berkilah belum pernah menerimanya. "Hingga saat ini tidak ada laporan dan tidak pernah disampaikan oleh cabang PLN Pujon ke pihak PLN induk di Kapuas," pungkasnya.[angga]


TAG