Bawaslu Pulpis Ingatkan Para Caleg segera Daftarkan Akun Medsos ke KPU

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pelaksanaan kampanye  di media sosial (Medsos) para caleg diingatkan untuk mendaftarkan akun resmi ke pihak KPU setempat. Hal tersebut guna meminimalisir  beredarnya berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau, Ubeng Itun kepada wartawan media ini, Jumat (28/9/2018) melalui via WhatsApp pribadinya.

Bahkan menurut Ubeng begitu sapaan akrabnya menegaskan, aturan ini juga bisa mewajibkan bagi peserta pemilu untuk mendaftarkan akun resminya ke KPU berdasarkan PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum dalam pasal 35 ayat (2).

"Pasal tersebut menyebutkan akun resmi media sosial untuk kampanye dapat didaftarkan maksimal 10 untuk setiap aplikasi," ujar Ubeng.

Ditanya terkait sanksi yang akan diberikan kepada para caleg yang tidak mendaftarkan akun resminya ke KPU setempat, dirinya menerangkan cukup detail bahwa pihaknya akan memberikan sanksi pelanggaran terkait hal tersebut.

"Ada sanksi bagi yang melanggar terkait kampanye di medsos yang melanggar aturan atau ketentuan yang ada yaitu berupa peringatan tertulis sampai penghentian dalam lembaga penyiaran jaringan selama masa kampanye," tegasnya.

Dari itu, tambah Ubeng, tentang hal tersebut maka kami selaku Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau kembali mengingatkan dan sekaligus mengimbau kepada seluruh caleg yang memanfaatkan medsos sebagai tempat atau wadah kampanye kiranya segera mendaftarkan akun resminya ke KPU.

"Kami bersama KPU intinya tidak mau lagi ada yang tidak paham terkait aturan berkampanye di medsos, karena ini sudah sama-sama kita sampaikan dengan seluruh caleg dan parpol peserta pemilu," tuturnya.[manan]


TAG