• Latest News

    Rabu, 05 September 2018

    Bakar Lahan, Dua Pelaku di Desa Ini Diamankan Polisi


    PULANG PISAU - Dua terduga pelaku pembakaran lahan kosong di Sungai Dahuyan, Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau berhasil diamankan Polres Pulang Pisau, Rabu (5/9/2018).

    Kedua terduga pembakar lahan itu, yakni Johan alias Jo (34) dan Ambran alias Undul (29) yang sama-sama pada warga Tanjung Pusaka Desa Tanjung Taruna RT. 03 Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau.

    Kapores Pulang Pisau, AKBP Dedy Sumarsono melalui Kasatreskrim, Iptu Jhon Digul Manra, menyampaikan kronologisnya, bahwa pada tanggal 31 Agustus 2018 sekitar pukul 15.00 WIB, petugas Polsek Jabiren Raya mendapat informasi dari masyarakat Desa Tanjung Taruna bahwa telah terjadi kebakaran lahan di sebuah lahan kosong di sekitar kanal gede di Desa Tanjung Taruna RT. 03.

    Selanjutnya, setelah mendapat informasi tersebut, petugas Polsek Jabiran Raya langsung menuju lokasi untuk mengecek kebenaran kabar tersebut. Alhasil, setelah meluncur ke lokasi pihaknya mendapati kepulan asap tebal menjulang ke langit.

    "Saat menuju ke lokasi, petugas melihat kepulan asap yang membubung tinggi," kata Jhon Digul begitu sapaan akrabnya menyampaikan kepada awak media.

    Melihat hal tersebut, tambah Jhon Digul, pihaknya lalu mengumpulkan berbagai informasi dari warga desa setempat. Setelah itu, petugas mendapat keterangan bahwa ada dua warga, yakni atas nama Johan dan Ambran saat itu sedang  melakukan kegiatan mencari ikan disekitar lokasi.

    Setelah dilakukan intrograsi oleh petugas, kedua terduga pelaku pembakar lahan itu mengakui telah membuang puntung rokok yang masih menyala di sekitar eerumputan dan semak belukar yang akhirnya memicu kebakaran hutan dan lahan di Desa Tanjung Taruna seluas 42 Ha.

    Dari itu, kedua terduga pelaku tersebut tambah Digul, sekarang sudah diamankan oleh petugas di Polsek Jabiren Raya dengan barang bukti 2 buah korek api dan dua batang kayu bekas terbakar.

    "Kedua terduga pelaku akan dikenakan Pasal 25 ayat (1) Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomer 5 Tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan," ucapnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bakar Lahan, Dua Pelaku di Desa Ini Diamankan Polisi Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top