Uji Sandar Kapal Drajat di Bahaur Berjalan Lancar

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kapal Drajat Jurusan Paciran (Lamongan) - Bahaur (Pulang Pisau) saat ini tengah bersandar di Pelabuhan Bahaur (Pulang Pisau), setelah melakukan perjalanan dari Paciran (Lamongan) pada Minggu kemarin.

Kapal yang berkapasitas 300 penumpang itu akan melakukan pelayaran perdananya pada tanggal 9 Agustus 2018 dari Paciran ke Bahaur.

"Hari ini Kapal Drajat sudah bersandar dengan baik dan lanca di Pelabuhan Bahaur. Pelayaran perdana akan dilaksanakan hari Kamis 9 Agustus, dari Paciran ke Bahaur. Sedangkan untuk jadwal Bahaur ke Paciran pada 11 Agustus," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pulang Pisau, John Oktoberiman, Senin (6/8/2018) di lokasi Pelabuhan Bahaur.

Ia berharap, nantinya setelah Kapal Drajat ini operasial, maka kita sampaikan kepada masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng) secara umum dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau secara khususnya untuk memanfaatkan Kapal antar pulau tersebut.

"Untuk harga tiket penumpang dan barang, dewasa dan anak-anak sudah ditetapkan, yakni dewasa Rp 116.000, anak-anak Rp 79.000. Sedangkan untuk kendaraan mulai 178 ribu hingga16 juta. Tergantung golongan kendaraan," terangnya.


"Harga tiket tersebut sudah disubsidi pemerintah," ungkapnya.

Kembali diterangkan John, untuk kapasitas kapal Drajat dapat menampung sedikitnya 40 buah mobil, truk dan sejenisnya. Sedangkan untuk penumpang dengan kapasitas 300 orang.

"Fasilitas di kapal sangat lengkap dan full AC. Bahkan sampai cafe pun ada, serta fasilitas lainnya yang memadai," ujar John.

Jadi, kata John, yang pastinya naik Kapal Drajat selain murah juga cepat sampai. "Dua kali berlayar dalam seminggu dengan waktu tempuh antara 18 sampai 20 Jam. Kita harapkan transportasi antar pulau ini menjadi manfaat bagi kita bersama," ungkapnya.[manan]


TAG