• Latest News

    Minggu, 05 Agustus 2018

    Tim Posbindu Puskesmas Bangkuang Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan PTM


    BUNTOK - Tim Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) dari UPTD Puskesmas Bangkuang Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan terhadap 120 orang yang terdiri dari perempuan dan laki-laki di Aula kantor Lurah Bangkuang, Minggu (5/8/2018).

    Pos tersebut juga melayani pemeriksaan kesehatan gratis, seperti tekanan darah, kadar gula, kolesterol asam urat dan lain-lain. Pelayanan juga diberikan dalam bentuk konsultasi gizi atau lingkungan dan masalah kesehatan lain.

    Tim yang diketuai oleh Hj Hamdah Arifin Amd Keb, beserta anggotanya melakukan penyuluhan dan pemeriksaan terhadap satu persatu warga untuk memonitoring tekanan darah, obesitas, merokok, dan konseling faktor risiko PTM (Penyakit Tidak Menular) yang dilakukan secara rutin dan periodik.

    Lebih lanjut Tim menyampaikan bahwa Posbindu PTM merupakan UKBM untuk mawas diri terhadap faktor risiko PTM pada populasi sehat mengingat sebagian faktor risiko PTM tidak memberikan gejala, kemudian kasus faktor risiko PTM yang ditemukan tetapi tidak dapat dikendalikan melalui konseling akan dirujuk ke fasilitas pelayanan dasar di masyarakat (puskesmas, klinik dan dokter).

    Kepada KabarKalteng, Hj Hamdah mengatakan, tujuan program ini untuk mengurangi warga sakit karena mereka jadi memahami kesehatan diri dan dibekali pengetahuan bagaimana menjaga kesehatan.

    "Semakin banyak yang berkonsultasi, dengan sendirinya jumlah kunjungan warga sakit akan berkurang. Itu yang kita harapkan, dengan melakukan upaya-upaya promotif dan preventif, maka aspek kuratif atau pengobatan atau penanganan itu menjadi menurun," kata Hamdah.

    Sementara itu ketua kader Posbindu Anggrek, Masliah sangat menyambut baik dengan kegiatan tersebut, mengingat bahwa PTM juga merupakan penyakit kronis yang tidak ditularkan ke orang dan lebih 70% penderita penyakit tidak tahu kalau dirinya sedang sakit dan 30% nya tidak berobat secara teratur.

    "Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Posbindu PTM Puskesmas Bangkuang yang telah memberikan banyak pemahaman kepada warga tentang bahayanya Penyakit Tidak Menular tersebut sehingga semua pihak bisa mengantisipasi sejak dini," pungkasnya.[kenedy]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tim Posbindu Puskesmas Bangkuang Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan PTM Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top