Tim Penggerak PKK Provinsi Sosialisasi di Kecamatan Terjauh

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara, Hj Sri Hidayati Nadalsyah mengucapkan selamat datang kepada Tim Penguatan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah di Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara.

Ini dilakukan dalam rangka silaturrahmi dan sosialisasi tentang peran serta usaha kecil dan menengah dalam membantu penguatan ekonomi keluarga.

Hj Sri, Jumat (3/8/2018) mengatakan, pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan, di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikut pula berpartisipasi.

Hj Sri menjelaskan, Kecamatan Gunung Purei termasuk salah satu penghasil rotan yang berkualitas bagus di Kalimantan Tengah.

"Rotan dan karet adalah dua komoditas paling familier di Kalteng yang jadi penyangga ekonomi keluarga dan masyarakat, dan anyaman rotan termasuk produk unggulan kerajinan di Kabupaten Barito Utara. Untuk kualitas dan desain perlu terus ditingkatkan serta keterampilan pengrajin pun perlu dikembangkan agar anyaman rotan kita dapat bersaing," tutur Hj Sri.

Ayamanan rotan merupakan usaha kerajinan yang harus didukung Dinas Perindustrian, Pedagangan, Koperasi dan UKM, Dekranasda, Tim Penggerak PKK dan bekerja sama dengan pihak pengusahan maupun perbankan.

Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat Barito Utara sangat berterimakasih kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah yang telah mengadakan pembinaan kepada pengrajin rotan di Kecamatan Gunung Purei semoga Desa Tambaba, Baok, Payang, Lampeong dan desa lainnya, menjadi sentra industri kerajinan anyaman rotan. 

Sementara itu, KetuaTim Penggerak PKK Kalimantan Tengah, Ny Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Hj Agustina Ningsih Habib Said Ismail mengatakan, Tim Penggerak PKK Provinsi  Kalteng berkeinginan untuk membantu para pengrajin di desa-desa Kecamatan Gunung Purei untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar dapat meningkatkan kualitas dari hasil anyamannya.

"Kami mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada narasumber dari provinsi dan pusat yang telah berkenan untuk memberikan materi," ucap Hj Agustina Ningsih.

Pelatihan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Gunung Purei, dan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah beserta rombongan,  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara beserta anggota, Camat Gunung Timang, Tokoh Masyrakat, Tokoh Agama, unsur  tripika, seluruh pengurus Tim Penggerak PKK se kecamatan Gunung Purei dan Pengrajin anyaman Rotan.

Sebelum meninggalkan Kecamatan Gunung Timang, rombongan Wakil Ketua Tim PKK Provinsi /Kabupaten melakukan kunjungan ke rumah pengrajin di beberapa desa yang ada di Kecamatan Gunung Purei.[doni]


TAG