Tim Karhutla Bergerak Cepat Padamkan Kebakaran

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Tim terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan, yang terdiri-dari Kodim 1012 Buntok, Polisi Sektor (Polsek) Dusun Selatan (Dusel) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barsel, kembali melakukan pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di ruas Jalan Buntok- Sanggu atau di daerah Danau Malawen, Desa Pamait, Rabu (15/8/2018).

Pemadaman Karhutla dipimpin langsung Pasi Ops Kodim 1012 Buntok, Kapten Infantri Dadang S bersama Kapolsek Dusel, Ipda Abi Karsa SH, berlangsung sekitar tiga jam, yakni tepatnya sekitar pukul 17.00 WIB barulah api bisa dijinakan, hal ini akibat dari keterbatasan personel dan terkendala kurangnya peralatan.

“Kebakaran yang terjadi di lokasi semak belukar tersebut, sekitar pukul 14.00 sampai pukul 17.00 WIB, api baru bisa kita jinakan,” cerita Dadang. 

Diperkirakan, akibat kejadian tersebut, lahan seluas 1.05 hektar yang belum diketahui pemiliknya tersebut, harus direlakan hangus terbakar.


“Kami bersama pihak Kepolisian saat ini tengah menyelidiki darimana dan apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut," ungkapnya.

Ditegaskan Dadang, bahwa ke depan pihaknya akan semakin gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat lebih sadar akan bahaya karhutla.

Hal tersebut, juga diingatkan olehnya kepada masyarakat, bahwa aksi pembakaran hutan selain menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan, juga merupakan tindak pidana yang bisa menyebabkan pelaku pembakaran dihukum penjara.

“Dengan didukung semua pihak, kita yakin karhutla yang terus terjadi setiap tahun di daerah ini bisa di minimalisir,  apalagi kita ketahui bersama bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat dijerat pasal berlapis yang ancaman hukumannya di atas lima tahun dan denda miliaran rupiah,” tegasnya.[tampetu]


TAG