SMPN 3 Selat Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2018

Print Friendly and PDF


ADIWIYATA - Tim Penilai Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2018 dari DLH Provinsi Kalimantan Tengah Jonpri saat menyerahkan berita acara penilaian kepada Kepala Sekolah SMPN 3 Selat Harini Irawati di Aula SMPN 3 Selat.

KUALA KAPUAS - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Selat Kabupaten Kapuas menjadi salah satu Sekolah yang terpilih untuk dilakukan penilaian sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2018.

Sebelum menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, SMPN 3 Selat terlebih dahulu dilakukan penilaian langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah didampingi H.Samsurahman selaku Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Kapuas, Rabu (29//8/2018) pagi.

Adapun Tim penilai pada hari itu Pelaksana Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Provinsi Kalimantan Tengah Jonpri dan Viladelvia. Jonpri menerangkan untuk Kabupaten Kapuas sendiri ada lima Sekolah yang akan dilakukan penilaian untuk menuju Sekolah Adiwiyata terdiri dari satu SDN, dua SMPN, dan dua SMAN.

Ketua Adiwiyata Sekolah SMPN 3 Selat Rahma Fitri Awal, menerangkan bahwa disekolah tersebut memiliki karakter lingkungan serta visi, misi dan kurikulum yang tidak lepas dari lingkungan, seperti berwawasan lingkungan, ramah lingkungan serta pengurangan limabh di sekolah.

"Di sekolah kita ini juga memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi hal yang berguna seperti yang kita pajang saat ini, begitu juga sampah organik disini kita akan menjanikannya sebagai kompos,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, sebelum memulai pelajaran di SMPN 3 Selat terlebih dahulu melakukan kegiatan pagi bersih dan sehat serta memiliki kegiatan mingguan seperti jumat bersih dan jumat iman dan taqwa atau yang lebih di kenal dengan Jumat Imtaq.

Selain berkeliling-keliling tim penilai juga melihat langsung demonstrasi komposter yang ada di Sekolah yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai lokasi penilaian Sekolah Sehat Nasioanal tahun 2018 yang mewakili Kalimantan Tengah.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 3 Selat Harini Irawati, berharap setelah dilakukannya penilaian tersebut SMPN 3 Selat dapat menuju sekolah adiwiyata tingkat Nasional tahun 2018.[angga]


TAG