Sembilan Duta Negara Sahabat Hadiri FPBB II di Banjarmasin

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Festival Pesona Budaya Borneo (FPBB) II di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin, Sabtu (11/8/2018). 

Acara ini bahkan dihadiri perwakilan kedutaan besar dari sembilan negara sahabat, yakni Kroasia, Iran, Yaman, Kazakhstan, Belarusia, Republik Peru, Panama, dan Venezuela.

Tampak hadir pejabat Kementerian Pariswisata Republik Indonesia, Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Bupati se-Kalimantan, deputi Majelis Adat Dayak, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri SHut MP dan juga tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (ADN) yang dibacakan Ketua Dewan Adat Dayak Kalsel, Drs H Difriadi Darjat menyampaikan, suku dayak di Kalsel merupakan penduduk asli yang mayoritas yang tersebar di seluruh Pulau Kalimantan. 

Tentunya banyak menyimpan sejarah dan peninggalan-peninggalan leluhur serta benda arkeolog masyarakat dayak yang memiliki seni budaya yang merupakan modal yang bisa dilestarikan dan dipublikasikan.

"Bahwa sebagai manusia sudah sepantasnya seni budaya perlu dilestarikan. Dikembangkan, serta memanfaatkan kemajuan seni kebudayaan dayak," ucap Difriadi Darjat.

Difriadi mengatakan, dengan adanya acara tersebut, masyarakat dayak turut ikut serta mendukung pembangunan yang ada. 

"Ikatan masyarakat dayak semakin kuat bersatu dalam kemajuan pulau Kalimantan, serta memajukan budaya dan pariwisata," tutupnya.[deni]


TAG