Semangat Kemerdekaan dalam Pandangan Generasi Muda Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Semarak peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus, tidak akan bernilai jika tidak mampu dimaknai dan diisi dengan hal-hal positif dan bermanfaat, khususnya oleh generasi muda. Hal itu menjadi pandangan salah seorang kalangan generasi muda Kabupaten Kapuas.

"Itu dilakukan dalam rangka mempertahannkan dan melanjutkan cita-cita perjuangan pendahulu," ungkap Tommy Saputra, aktivis pemuda Kapuas, ditemui usai mengikuti kegiatan upacara hari Kemerdekaan ke-73 di stadion Panunjung Tarung, Jumat (17/8/2018).

Banyak cara, lanjutnya, yang bisa dilakukan generasi muda untuk mengisi dan memaknai kemerdekaan.

"Salah satunya berperan aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, aktifitas sosial, seni dan budaya," tutur pengurus KNPI Kapuas itu.

Menurut Tommy, yang juga aktif dalam PHBI Kapuas ini, generasi muda harus kreatif, ikut berperan aktif dalam kegiatan yang bermanfaat demi pengembangan aktualitas diri.

"Kegiatan organisasi dan kegiatan sosial dapat mengasah skill kepemimpinan dalam diri generasi muda," imbuh Tommy Saputra.

Senada, H Darwandi yang merupakan tokoh pemuda dari kalangan legislatif juga sepakat bahwa salah satu cara memaknai kemerdekaan adalah dengan mempertahankan dan mencintai seni budaya Indonesia dengan segala kearifan lokal.

"Generasi muda yang kreatif tentunya juga memiliki semangat berwirausaha," pungkas Tommy Saputra.[zulkifli]


TAG