Sejumlah Madrasah Perlu Peningkatan, Kakanwil Kemenag Monitoring Langsung

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Usai melakukan pelantikan sejumlah pejabat fungsional di lingkup Kemenag Kabupaten Kapuas, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan akan melakukan monitoring langsung sejumlah sarana dan prasarana madrasah di Kabupaten Kapuas.

"Sebagai pembinaan kita akan melihat langsung kinerja ASN, dan monitoring ke madrasah-madrasah baik itu swasta maupun negeri," ungkap H Masrawan, Jumat (31/8/2018) di Kantor Kemenag, Jalan Tambun Bungai Kapuas.

Terkait anggaran, sambungnya, terlebih dahulu akan melakukan cek dan ricek secara langsung pada sejumlah lokasi, baik itu untuk kebutuhan dana BOS madrasah, maupun sarana dan prasarana.

"Agar dana yang akan dikucurkan tidak mubajir dan tidak salah sasaran," imbuhnya.

Pihaknya akan tetap memberikan perhatian jika kebutuhan itu urgent dan sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Diketahui bahwa madrasah swasta dan negeri merupakan sekolah yang berada dibawah lingkup Kemenag, di mana hanya mengandalkan anggaran dari APBN Kementerian Agama Pusat.

Kabupaten Kapuas termasuk daerah yang terbanyak madrasahnya di Kalimantan Tengah, dan sejumlah madrasah khususnya swasta di daerah pesisir saat ini membutuhkan peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran.

"Tentunya data madrasah itu harus sesuai data Sarpras," kata H Sajarwan, Kasi madrasah Kemenag Kapuas.

Menurutnya, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi sebuah madrasah khususnya swasta untuk bisa mendapat alokasi anggaran dari Kemenag baik itu syarat administrasi dan legalitas madrasah itu.[zulkifli]



TAG