SDN 3 Bangkuang Dimulainya Pencanangan Imunisasi MR

Print Friendly and PDF


BUNTOK - SDN-3 Bangkuang dimana tempat dimulainya Pencanangan Imunisasi MR di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bangkuang Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Selasa (7/8/2018).

Pencanangan Imunisasi Campak dan Rubella itu diresmikan secara langsung oleh Camat Karau Kuala, DRS H Mirwansyah yang didampingi Kepala Puskesmas Bangkuang, Kamarudin yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan dan disaksikan oleh Kapolsek Karau Kuala, Danramil 1012-01/Bkg, KUA Karau Kuala, UPTD Disdik Karau Kuala, Lurah Bangkuang dan Kepala SDN se-Kelurahan Bangkuang. Dan dilanjutkan penyuntikan secara simbolis.

Kepala Puskesmas Bangkuang, Kamarudin melalui Koordinator program P2M Puskesmas Bangkuang H Muhammad Iqbal Amd Kep mengatakan, pencangan imunisasi tersebut bertujuan untuk mencegah penyakit campak dan rubella, ini merupakan program Kemenkes dengan sasaran anak dari usia 9 bulan sampai anak usia 15 tahun.

"Hari ini pertama dimulainya pencangan imunisasi campak dan rubella. Untuk hari pertama ini dimulai di SDN-3 Bangkuang dan kemudian disekolah yang ada di Kecamatan Karau Kuala ini," tutur Iqbal.

Iqbal mengakui, Vaksin MR yang digunakan telah mendapatkan rekomendasi WHO dan izin edar dari BPOM 95% efektif untuk mencegah penyakit campak dan rubella, aman dan telah digunakan di 141 negara di dunia.

Selain disekolah, kata Iqbal, pencangan imunisasi itu nantinya akan dilaksanakan di pos-pos pelayanan imunisasi lainnya seperti di Posyandu, pustu dan fasilitas kesehatan lainnya.

"Imunisasi MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Sehingga anak-anak kita di Karau Kuala ini terhindar dari penyakit dan tetap dalam keadaan sehat," jelasnya.

Petugas yang akan melakukan imunisasi MR ini, kata Iqbal, diambil dari staf Puskesmas dan perawat yang ada di Puskesmas Bangkuang serta para bidan desa.

Iqbal menambahkan, berkaitan dengan pelaksanaan imunisasi MR diharapkan semua pihak dapat mendukung demi terselenggaranya kegiatan ini.

Diharapkan, lanjut Iqbal, dengan adanya dukungan semua pihak dapat menimbulkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya imunisasi MR.

"Kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat supaya dapat kiranya membantu dan bekerjasama untuk mensosialisasikan kepada tentang imunisasi MR ini supaya anak kita yang usianya 9 bulan hingga 15 tahun agar mengikuti imunisasi MR ini," pungkasnya.[kenedy]


TAG