Respon Longsor Rantau Kujang, DPUPR Barsel segera Lakukan Tindakan Darurat

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan, berjanji akan segera melakukan pemeriksaan terhadap kejadian longsornya jalan di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas, Barsel, yang terjadi Selasa kemarin (14/8/2018).

Ditemui di kantornya, Rabu (15/8/2018), Kepala DPUPR Barsel, Agus In'yulius ST MT, melalui Sekretaris DPUPR, Heryfani ST MT, mengatakan bahwa terkait dengan adanya kejadian longsornya jalan di Rantau Kujang, meskipun pihaknya belum menerima laporan akan hal tersebut secara resmi, namun dia berjanji akan segera turun kelokasi kejadian, guna memeriksa kondisi pasca longsor.

"Kalau nanti dipandang perlu segera penanganan darurat, maka akan kita upayakan mencarikan soslusi penanganannya segera, tapi yang pasti kita akan masukan kedalam usulan tahun 2019, untuk penanganan perbaikan dan pembangunan infrastruktur pada beberapa titik rawan longsor di sana (Rantau Kujang)," terangnya.


Lebih lanjut diakui oleh Heryfani, bahwa memang ada beberapa titik lokasi di Kelurahan Rantau Kujang yang perlu penanganan segera dan harus adanya upaya relokasi, terkait kerawanan akan terkena bencana longsor.

Oleh sebab itu, menurut dia, pihak DPUPR sendiri akan mencoba menganalisis secara teknis apa yang semestinya dilakukan, agar terutama kejadian serupa jangan terulang lagi dan jangan sampai memakan korban jiwa.

"Apakah nanti kita akan relokasi warga di lokasi rawan longsor tersebut dan menyediakan rumah di lokasi lain sebagai konvensasi, ataukah ada cara-cara lain, akan kami analisis dulu setelah nanti kita periksa langsung kelapangan," tukasnya.

Sementara ini, diyakini oleh Heryfani, korban dari kejadian bencana longsor tersebut, pada saat ini lebih membutuhkan bantuan berupa dukungan moral dan materi atas kerugian yang diderita, akibat kejadian tersebut.

"Kami cukup prihatin atas kejadian ini, semoga saja banyak masyarakat yang bersimpati bagi para korban yang menderita kerugian dalam kejadian tersebut," imbuhnya.

Seperti diketahui, di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas, Barsel, telah terjadi longsor, Selasa (14/8/2018), yang mengakibatkan putusnya jalan akses dalam desa bagi warga setempat.

Selain jalan akses beberapa kerugian materi juga harus diterma oleh warga akibat kejadian runtuhnya ruas jalan yang berlokasi di tepia sungai Barito tersebut, yakni satu buah warung dan satu buah mesin sedot pompa air keluarga harus jadi korban, jamban dan sebuah bangunan pos kamling juga harus direlakan rusak dan runtuh terbawa dan tertimpa longsoran.[tampetu]


TAG