Realisasi Lanjutan DAK Tunggu Penyaluran Dana Pusat


KUALA KAPUAS - Hingga saat ini Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan untuk tahap kedua masih berproses pencairannya menunggu transfer dari pemerintah pusat. Alhasil, serapan DAK bidang pendidikan tahap kedua hingga kini belum dapat direalisasikan.

Hal itu diungkapkan Drs Ilham Anwar, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas, di ruang kerjanya, Kamis (23/8/2018).

"DAK Pendidikan sudah memenuhi syarat untuk pencairan tahap ke-dua, tinggal menunggu proses transfer ke rekening masing-masing  sekolah," terang Ilham Anwar.

Penyaluran DAK untuk fisik, lanjutnya, sesuai ketentuan paling cepat April, dan selambatnya pada Oktober 2018. Penyaluran itu sebesar 45 persen dari pagu alokasi.

"DAK bidang pendidikan itu sistem swakelola, jikapun melampaui batas waktu, tidak menjadi permasalahan selagi dana telah masuk ke rekening, aman," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, Kabupaten Kapuas pada 2018 ini menerima anggaran DAK bidang pendidikan dari pemerintah pusat sebesar Rp9,9 miliar untuk bidang SD, dan sebesar Rp5,8 miliar untuk bidang SMP di mana pengalokasiannya untuk kegiatan fisik meliputi rehab ruang kelas, rehab ruang laboratorium, rehab toilet dan rehab ruang perpustakaan.

Menurut Kadisdik, jumlah pengalokasian DAK Pendidikan untuk Kabupaten Kapuas merupakan terbanyak se-Kalteng. Jika dibandingkan dengan kabupaten lain.

"Terkait kegiatan DAK bidang pendidikan ini, kita harapkan dilaksanakan sesuai RAB yang dibuat konsultan dan juga sesuai dengan Juknis yang telah ada," tutup Ilham.[zulkifli]


TAG