Pj Bupati Pulpis Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Jabiren Raya

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pj Bupati Pulang Pisau, H Sunarti menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 202018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pulang Pisau, di Kecamatan Jabiren Raya, Kamis (9/8/2018).

Acara peringatan Hari Anak Nasional kali ini dengan mengambil tema "Anak Indonesia, Anak Genius".

Dalam sambutannya, Pj Bupati menyampaikan, peringatan Hari Anak Nasional diperingati bukan hanya sekedar mendatangkan kemeriahan. Namun, ada misi yang mulia terselip dari makna peringatan tersebut. Dari itu lanjutnya, peringatan ini harus benar-benar kita fahami dan bisa mengambil maknanya.

"Karena tujuan penyelenggaraan Hari Anak Nasional ini, guna mensosialisasikan hak-hak anak yang sudah disepakati oleh dunia dan diratifikasi/pengesahan oleh Republik Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak," ungkapnya.

Dari itu, Sunarti mengajak kepada seluruh orang tua untuk berhati-hati dalam mengasuh anak. Karena mengasuh anak tidak melulu memberi materi. Namun, lebih kepada memberikan nilai kasih sayang dan pengajaran yang berharga bagi masa depan mereka.

Selain hal itu, lanjutnya, anak juga memiliki hak untuk bermain, bergaul, memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat.

"Kita sebagai orang tua berkewajiban memberikan perlindungan pada anak atas diskriminasi, eksploitasi ekonomi, seksual, kekerasan, penganiayaan dan sebagainya," katanya.

Dirinya berpesan kepada kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya bagi orang tua agar selalu memberikan rasa kasih sayang, perhatian dan kedekatan kepada anak. Agar anak merasa aman berada didekat kita. Selain hal itu juga, kata Sunarti, anak juga perlu diberikan ketegasan, disiplin untuk membentuk kepribadian. Namun bukan dalam bentuk kekerasan yang akan menimbulkan trauma.

"Maka dengan momen Hari Anak Nasional ini, mari kita manfaatkan untuk mengevaluasi perilaku kita, apakah sudah memenuhi hak-hak anak dan berkomitmen meningkatkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Pulang Pisau, guna menjadikan anak Indonesia sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia," harapnya.

Sementara itu turut hadir pada peringatan tersebut, Forkompimda Kabupaten Pulpis, Sejumlah Kepala OPD, Kakamenag, Camat Jabiren Raya beserta unsur Tripika dan Ketua TP PKK kabupaten setempat.[manan]


TAG