Pj Bupati Kapuas Ikuti Kongres Nasional Perlindungan Konsumen

Print Friendly and PDF


MALANG - Penjabat Bupati Kapuas Agus  Pramono S Sos hadir bersama 548 peserta Kongres Nasional I Perlindungan Konsumen Perdagangan Online yang terdiri Gubernur, Bupati/Walikota serta Kadis Kominfo, Kadishub & Kadis Perindagkop UMKM se Indonesia Senin (25/8) Malang Jatim.

"Kongres Nasional ini dilaksanakan untuk menghasilkan keputusan bersama tentang tata kelola perdagangan konsumen agar masyarakat sebagai konsumen dapat dilindungi," lapor Ketua Panitia Nanang Nelson.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Komolo saat membuka kongres yang dihadiri Staf Ahli Mendagri Dr Reydonnyzar M M Devt M menyambut baik dan mengajak pemerintah daerah agar mendukung ketersediaan aturan perdagangan online.

"Perindagkop, Kominfo dan Perhubungan merupakan urusan wajib dan pilihan ini berarti kita harus mengelola dan mensupport masyarakat yang bergerak dalam usaha ini," paparnya.

Masih di tempat yang sama Pj Bupati Kapuas menyatakan apresiasinya atas kongres ini karena kecenderungan masyarakat saat ini makin meningkat bertransaksi dan belanja online.

"Saya menilai usaha ini sangat strategis dan memiliki potensi besar untuk pengembangan usaha kedepan diera digitalisasi. Adanya aturan tentang perdagangan online berarti akan menjamin hak-hak konsumen dalam bertransaksi," ucap Agus.

Hal senada disampaikan juga, Plt Kadis Kominfo yang akan terus berupaya tersedianya jaringan internet serta mengembangkan pemanfaatannya untuk pemberdayaan masyarakat.

"Kami akan terus berkoordinasi ke Badan Aksesobilitas Tehnologi dan Informatika Kemenkominfo serta menggandeng pihak ketiga agar daerah blankspot dapat teratasi," imbuhnya.

"Demikian juga kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) akan dilatih pemanfaatan internet yang berhasil guna baik peningkatan ketrampilannya maupun pemasaran hasil-hasil peoduksi pertanian, perkebunan, perikanan maupun home industri kerajinan tangan," pungkas H Suwarno Muriyat.[angga]


TAG