Perajin Mandau Menanti Sentuhan Pemkab Barsel

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Pelaku usaha kecil menengah (UKM) mengharapkan pembinaan dan perhatian dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel).

Satu di antaranya, Tri Abdi Novari seorang pemuda pengrajin besi/pembuat mandau di Kelurahan Mengkatip Kecamatan Dusun Hilir ini sangat mengharapkan perhatian dari Pemkab setempat.

"Kita sangat berharap bantuan alat-alat dan pemasaran dari pihak terkait," ujarnya, Senin (27/8/2018).

Abdi mengatakan, membuat mandau ini hanya pekerjaan sampingannya, sebab Ia sedang kuliah di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Dalam mengembangkan usahanya lanjut Abdi, dia megaku kesulitan mendapatkan bantuan modal. Karena bagaimanapun kepiawainnya membuat kerajinan tangan, tanpa bantuan dan pemasaran yang jelas sangat sulit untuk berkembang, terutama bagi perajin tangan pemula yang menggunakan modal seadanya.

"Semoga Pemkab Barsel bisa mendukung bakat pemuda-pemudi daerah dalam mengembangkan kerajinan. Karena saat ini sangat jarang ditemui para pemuda/pemudi yang berkarya untuk melestarikan kerajinan daerah," harapnya.

Lebih lanjut Abdi juga mengharapkan bantuan dari pihak terkait dalam hal peralatan untuk membuat senjata khas suku dayak ini diantaranya, landasan/alas untuk
proses penempaan bilah mandau, palu/godam untuk proses penempaan bilah mandau, mesin gnset untuk daya listrik, gerinda, bor cun/mini drill/bor ukir untuk proses pengukiran hulu mandau, bor tembak/bor biasa dan kikir untuk proses pengasahan.

"Dan bagi yang ingin berminat untuk memesan ataupun berminat untuk membeli hasil karya saya, silahkan pesan lewat akun Faceebook pribadi saya Abdi Novari Sambut Talajan," tukasnya.[ali/kenedy]


TAG