Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019, KPU Jelaskan Cara Akses Portal Sidalih

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas saat ini sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Selanjutnya KPU akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019, sebelum penetapan DPT Pemilu 2019, KPU masih melakukan pemutakhiran data.

Untuk memastikan apakah nama seseorang telah masuk sebagai pemilih, dapat diketahui melalui Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih), lewat portal resmi dari KPU RI yang bisa diakses melalui sidalih3.kpu.go.id.

"Sebelum 16 Agustus 2018, masyarakat dapat melakukan cek nama pada Sidalih," ungkap Adi Resido, Komisioner KPU Kapuas, Selasa (7/8/2018) di kantor KPU jalan Tambun Bungai.

Caranya, lanjut Adi Resido, dengan mengklik portal sidalih3.kpu.go.id ikuti perintah berikutnya mencentang domisili provinsi dan kabupaten kita yaitu Kalimantan Tengah dan Kapuas.

"Lanjut isi NIK dan nama dan klik cari pemilih," jelasnya lagi.

Dari situ, sambungnya, dapat diketahui apakah nama kita telah terdaftar atau belum sebagai pemilih pada Pemilu 2019.

Jika belum terdaftar di portal itu sambungnya segera laporkan ke kantor KPU, atau ke PPK pada kantor kecamatan dan bisa juga dilaporkan melalui PPS di kantor desa atau kelurahan sesuai dengan alamat e-KTP yang kita miliki.

"Jadi sebelum tanggal 16 Agustus kita harapkan peran aktif masyarakat, agar masuk dalam DPT sebagai pemilih," imbau Adi Resido.[zulkifli]


TAG