• Latest News

    Kamis, 09 Agustus 2018

    Pemberdayaan Wakaf dapat Mendorong Ekonomi Keumatan


    KUALA KAPUAS - Wakaf adalah salah satu sumber kekayaan bagi masyarakat, merupakan potensi dan aset umat Islam yang cukup besar. Jika wakaf dikelola dan diberdayakan dengan sistem manajemen profesional dapat mendorong perekonomian umat, menjadi salah  satu instrumen penggerak ekonomi.

    Hal itu dikatakan Dr H. Junaidi, SE, SKM, MAp, M.Kes, Ketua Penitia kegiatan Bimtek Nadzir, di hotel Permata Inn, Kamis (9/8/2017), di sela acara kegiatan tersebut.

    "Bimtek ini dalam rangka meningkatkan SDM nadzir sehingga ke depan dapat mengelola tanah wakaf secara profesional, mampu meningkatkan perekonomian secara keumatan," kata H Junaidi.

    Kegiatan tersebut, lanjutnya, dilaksanakan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Kapuas, diikuti 40 peserta dari 5 kecamatan, peserta terdiri nadzir (pengelola wakaf), masjid, mushola, serta nadzir tanah wakaf umum.

    "Dengan kegiatan ini diharapkan nadzir berperan lebih aktif," imbuhnya.

    Menurut Kabag Kemas Kesra Pemda itu, saat ini sudah 400 lebih tanah wakaf yang sudah bersertifakat, 134 yang berstatus stagnan, dan 310 tanah wakaf yang belum bersertifikat. Melalui peran nazir pihaknya mendorong agar pembuatan sertifikat 310 tahah wakap tersebut agar secepatnya segera rampung, sehingga memiliki legalitas formal.

    Di tempat yang sama Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas, Drs. H. Ahmad Bahruni MAP mengatakan, pihaknya sebagai pembina dari para nadzir sudah ada MoU dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat, mendorong keberadaan 310 tanah  wakaf  yang belum memiliki legalitas berupa sertifikat agar secepatnya dapat diproses,

    "Akan dipantau, agar punya legalitas formal, sehingga dapat dikelola secara profesional bagi pihak nadzir," pungkasnya.[zulkfli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemberdayaan Wakaf dapat Mendorong Ekonomi Keumatan Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top