Pejabat Diskominfo Kapuas Ikuti Rakor Vidcon di Kemendagri

Print Friendly and PDF


RAKOR VIDCON - Pengelola layanan Vidcon Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Inop dan Gusti Mahfuz foto bersama saat mengikuti Rakor Nasional Layanan Vidcon di Kemendagri, Selasa (28/08/2018).

KUALA KAPUAS - Sukses dalam pelaksanaan layanan Vidcon Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018 yang lalu, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia selaku penyelenggara (Video Conference) Vidcon serentak mengundang seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota yang dulunya ikut pilkada serentak untuk mengikuti Rapat Koordinasi pengelolaan layanan vidcon yang bertempat di gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta, Selasa (28/08/2018).

Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas, Dr. Suwarno Muriyat S.Ag M.Pd mengutus dua orang pengelola vidcon Kabupaten Kapuas untuk mengikuti Rakor Vidcon di Kemendagri yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik Inop dan Kasi. Pengelola Komunikasi Publik Gusti Mahfuz, S.Kom MA.

Rapat Koordinasi Vidcon tersebut dibuka langsung oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Dr. Suharjo Diantoro, M.Si, dengan nara sumber dari Ditjen Kependudukan dan pencatatan sipil Subdit Keamanan Informasi Adjrun dan  PT. Aplikanusa Lintasarta Jakarta.

Menurut Suharjo kemajuan Revolusi Industri memacu kita untuk siap menerima teknologi berbasis internet, yang mana dengan internet kita dapat mengaplikasikan semua pelayanan publik, seperti pemanfaatan layanan video converence serta persoalan teknis kedepannya.

"Daerah yang tidak memanfaatkan teknologi dengan baik maka akan tertinggal, dan untuk meningkatkan teknologi didaerah harus dimulai dulu dengan kemauan pimpinan daerah," paparnya.

Adjrun memaparkan pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan yang baik dalam peningkatan pelayanan publik dengan integrasi sistem.

"Untuk pelaksanaan Pilkada serentak di daerah kemaren Ditjen Dukcapil terus memberikan dukungan pada KPUD yaitu saat pencoblosan KPUD seluruhnya diberi password untuk buka Aplikasi SIAK," katanya.

Lintasarta selaku teknis konektivitas jaringan Vidcon didaerah memaparkan sebagai bahan evaluasi kendala-kendala vidcon di daerah dapat disampaikan pada Lintasarta untuk ditindak lanjuti.

Pusdatin Kemendagri selaku penggagas Rakor vidcon menginginkan maksud kegiatan tersebut sebagai evaluasi dan pemanfaatan layanan komunikasi daerah melalui layanan Video Coference (Vidcon) guna mendukung Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendagri.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik mengharapkan dengan pemanfaatan Vicon ini dapat bermanfaat untuk kelancaran informasi publik dimasa akan datang.

Di tempat yang sama Kasi Pengelola Komunikasi Publik Dinas Kominfo selaku pengelola vidcon sangat senang Kabupaten Kapuas dapat bantuan pinjam pakai alat Vidcon dari Kemendagri dan Lintasarta yang nantinya akan menunjang Pemilu Pilpres 2019 nanti.[angga]


TAG