Pastikan Hewan Kurban Sehat, DKPPP Barsel Lakukan Pemeriksaan

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Pastikan hewan kurban dalam kondisi sehat dan layak konsumsi, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan, melakukan pemeriksaan dan pendataan.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/8/2018), Kepala UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bidang Peternakan DKPPP Barsel, Derita Rawati, menerangkan bahwa pihaknya saat ini sudah melakukan pemeriksaan di beberapa tempat supplier hewan kurban yang ada di Barsel, terutama yang berada di Kota Buntok, Kecamatan Dusun Selatan.

"Sudah dilakukan pemeriksaan di beberapa titik supplier hewan kurban di dua Kelurahan Buntok Kota dan Hilir Sper, serta di Desa Sababilah, secara fisik luar bisa dipastikan semua hewan kurban yang tersedia dalam keadaan sehat," terangnya.


Selain memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat secara fisik, kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas RPH ini, akan dilakukan juga pemeriksaan kesehatan pada saat pemotongan hewan qurban nanti, untuk memastikan agar kondisi hewan kurban benar-benar bebas dari penyakit TBC dan cacing hati.

"Nanti pada saat dilakukan pemotongan, beberapa petugas juga sudah disiapkan untuk mendampingi untuk memastikan hewan kurban benar-benar bebas dari penyakit berbahaya seperti TBC dan cacing hati," ungkapnya.

Meskipun, dijelaskannya lebih lanjut, untuk jumlah pasti hewan kurban yang akan dipotong pada hari raya kurban Idul Adha 1439 H nanti, belum diketahui pasti karena pemeriksaan terus dilakukan hingga hari H pelaksanaan.

"Sampai saat ini, kami masih belum memastikan berapa jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada hari H nanti, karena masih dilakukan terus pendataannya," ucap Derita.

Untuk memastikan semua hewan kurban dalam keadaan layak konsumsi, selain melakukan pendataan dengan sistem jemput bola, pihak UPTD RPH DKPPP Barsel juga menghimbau agar seluruh supplier hewan kurban, juga ikut serta berperan aktif  menyerahkan data jumlah hewan kurban mereka untuk diperiksa.

Karena selain di dua Kelurahan dan satu desa di Buntok, RPH juga akan mendata dan memeriksa di seluruh Kecamatan di Barsel.

"Kami sangat berharap agar semua supplier mau bekerjasama memberikan data hewan kurban mereka, agar bisa segera diperiksa oleh petugas dari RPH," imbaunya.[tampetu]



TAG