Momen Satu Juta Bendera Hangatkan Atmosfir Hari Kemerdekaan

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Dalam rangka kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73, Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan touring Merah Putih yang dimulai dihalaman kantor Pemkab Barut, Sabtu (11/8/2018) Jam 15:00 WIB petang.

Ketua Tim touring merah putih untuk Indonesia Korwil I AKBP Dwi Tunggal Jaladri SIK SH MHum Kabid kum Polda Kalteng mengatakan, rombongan touring merah putih dimulai dari Palangkaraya menuju empat kabupaten DAS Barito yang meliputi kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan kabupaten Murung Raya.

Menurutnya, di setiap lintasan yang dilewati oleh tim touring juga dilaksanakan Jajar Hormat (Jarmat) dengan bendera merah putih dengan nuansa bendera merah putih. Hal ini juga sebagai momen satu juta bendera secara tidak langsung untuk melaksanakan atmosfer semangat Kemerdekaan dan rasa cinta tanah air menumbuhkan rasa nasionalisme memperkuat jiwa nasionalisme.

Kegiatan touring merah putih akan melintasi berbagai daerah di Kalteng yang dipimpin 4 koordinator Korwil, diantaranya  1 melintasi daerah Barito Timur Barito Selatan, Barito Utara dan finish di Murung Raya.

Sedangkan Korwil 2 Palangkaraya, Gunung Mas, Pulang pisau dan finish di Kabupaten Kapuas, dan Korwil 3 Katingan, Kotawaringin Timur dan finish di Seruyan, kemudian Korwil 4 dengan rute Kotawaringin Barat, Lamandau finish di Sukamara.

Kegiatan yang digagas oleh Polda Kalteng ini menargetkan berkibarnya satu juta bendera merah putih di Kalteng dan pembentangan bendera merah putih secara serentak pada 13 Sungai yang ada di Kalteng.

Sementara itu Kalopres Barut,  AKBP Dostan Matheus Siregar SIK, mengatakan, dalam menyambut hari Kemerdekaan nantinya ada beberapa rangkaian selain touring bersama rombongan.

Kegiatan tersebut, juga dirangkai dengam bedah rumah dan pengibaran bendera merah putih di wilayah perbatasan.

"Memaknai, Hari kemerdekaan ini mari kita rajut kembali persatuan dan kesatuan," katanya.

Sementara itu sekda Barut Jainal Abidin mengatakan, melalui kegiatan touring merah putih ini dapat menumbuhkan semangat juang dan cinta tanah air terlebih kepada generasi muda generasi penerus perjuangan yang nantinya pasti akan melanjutkan pembangunan di masa masa yang akan datang.

Jainal juga menghimbau kepada semua masyarakat untuk selalu senantiasa menjaga ketertiban ketentraman dan keamanan di lingkungan kita masing-masing selalu waspada terhadap isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta keluasan kebangsaan.

"Kita harapkan demi mempertebal semangat persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.[doni/deni]


TAG